10 Fakta Logo/Emblem Bugatti, Ternyata Butuh 20 Orang Untuk Membuatnya!

Mivecblog.com – Nama Bugatti sangat identik dengan kecepatan dan kemewahan. Tidak ada produk Bugatti yang bisa dibeli rakjel seperti saya, apalagi setelah merek ini dibeli oleh VW Group. Cerita Bugatti sendiri dimulai tahun 1909, atau sekitar 111 tahun lalu yang bermula di Italia, dan kemudian pindah ke Perancis.

Emblem/Logo alias Badge Bugatti (3)

Emblem/Logo alias Badge Bugatti

Produk Bugatti berubah mengikuti perkembangan jaman secara cepat, bahkan radikal. Namun untuk urusan logo atau emblem alias badge, Bugatti masih seperti dulu. Seperti halnya Ford yang setia dengan bentuk ovalnya, logo Bugatti juga tetap oval dengan warna merah sebagai background dan putih untuk tulisannya. Ada 10 fakta menarik tentang logo/emblem Bugatti ini. Apa saja?

1. Ettore Bugatti Adalah Desainernya

Pendiri Bugatti ini mendesain emblem Bugatti dengan desain flat dan berkualitas tinggi untuk ditempelkan pada grill besar berbentuk tapal kuda pada mobil-mobilnya. Dia mendesain dengan spesifik, terutama untuk ukuran, sudut dan kemiringannya. Walaupun ukuran logo dan emblem berubah dari tahun ke tahun, namun secara garis besar, desainnya tetap sama.

Desain Emblem alias Badge Bugatti

Desain Emblem alias Badge Bugatti

2. Warnanya Memiliki Arti Tertentu

Dibuat dengan warna dasar merah dan tulisan putih agar mudah dilihat ketika diletakkan pada area manapun. Merah melambangkan passion dan performa, putih untuk keanggunan/elegan dan kebangsawanan, sementara inisial EB untuk Ettore Bugatti berwarna hitam melambangkan keberanian dan keunggulan.

Emblem/Logo alias Badge Bugatti

Emblem/Logo alias Badge Bugatti pada Grill Tapal Kuda

3. Ada 60 Titik/Dot Pada Lingkaran Luarnya

Ada yang pernah menghitung jumlah titik-titik yang ada di sekeliling emblem Bugatti? Saya sih males haha… Namun jumlah 60 titik ini kabarnya hingga sekarang masih tidak jelas alasannya. Ada yang mengatakan bahwa 60 titik tersebut merupakan representasi dari tapi pengaman yang terjalin erat, namun ada pula yang mengatakan bahwa titik-ttitik tersebut adalah mutiara, sehingga lambang Bugatti merupakan lambang kemewahan dengan 60 mutiara mengelilinginya. Au ah… 😀

4. Terbuat dari Perak 0.970 dengan Berat 159 Gram

Perak perhiasan umumnya memiliki kadar 0.925 hingga 0.950 atau 92,5% hingga 95%. Namun pada emblem Bugatti, perak yang digunakan memiliki kadar 0,970 atau 97% dengan berat mencapai 159 gram. Pastinya terasa lebih mewah! Karena sedemikian terjaga kadarnya, sepertinya kita tidak akan melihat emblem Bugatti  terbuat dari serat karbon dalam waktu dekat haha…

5. Dibuat Oleh Perusahaan Berumur 242 Tahun

Emblem Bugatti modern dibuat di perusahaan Poellath GmbH & Co. KG Münz- und Prägewerk ( nama yang susah 😀 ) yang didirikan di Schrobenhausen, Bavaria pada tahun 1778. Perusahaan Jerman ini telah lama dikenal dalam industri pengerjaan logam dan teknik embossnya.

Badge Bugatti dibuat oleh Poellath GmbH & Co. KG Münz- und Prägewerk

Badge Bugatti dibuat oleh Poellath GmbH & Co. KG Münz- und Prägewerk

6. Dibuat oleh 20 Orang

Emblem Bugatti dibuat secara khusus dan hand made alias dibuat dengan tangan. Dibutuhkan tenaga total 20 orang untuk menghasilkan sebuah emblem yang kemudian nempel di setiap mobil Bugatti. Perusahaan pembuatnya menyediakan alat khusus untuk membuat emblem ini dari sepotong perak yang kemudian diolah dengan berbagai macam proses. Emblem yang benar-benar mahal ya 🙂

7. Dibutuhkan Waktu 10 Jam Untuk Membuatnya

Bukan hanya butuh orang yang banyak, namun emblem Bugatti juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Total 10 jam diabiskan untuk membuat sebuah emblem Bugatti mulai dari awal pemotongan perak hingga proses finishing. Bandingkan dengan pembuatan sebuah Ford F-150 yang membutuhkan waktu hingga 20 jam 😀

8. Dipress dengan Tekanan 1000 Ton

Tulisan Bugatti dibuat timbul (emboss) sehingga terlihat benar-benar mewah. Proses Emboss tulisan Bugatti ini dilakukan beberapa kali dengan tekanan hingga 1000 ton. Hasilnya, tulisan Bugatti terlihat sangat jelas timbul setinggi 2,1 mm, dan jauh lebih baik daripada dikerjakan dengan proses casting.

Emboss Badge Bugatti

Emboss Badge Bugatti

9. Lapisan Enamel Uniknya Menyatu Dengan Perak

Lapisan coating enamel pada emblem Bugatti dibuat dengan material khusus yang bebas dari bahan berbahaya (timbal misalnya). Bahannya terbuat dari silikat dan oksida yang benar-benar menyatu dengan perak saat dipanaskan.

10. Proses Enamel Membuat Emblem Cembung

Emblem Bugatti ini sebenarnya memiliki sedikit cekungan timbul, namun tidak bisa dicapai dengan proses pemotongan dan peng-emboss-an. Nah, proses coating enamel dan pemanasan inilah yang kemudian membuat emblem Bugatti mendapatkan tingkat kecembungan yang pas dengan efek 3D yang natural.

Emblem alias Badge Bugatti

Emblem alias Badge Bugatti memiliki Kecembungan tertentu

Itulah 10 fakta menarik mengenai emblem alias logo alias badge dari Bugatti, produsen mobil tercepat di dunia, Veyron dan Chiron, walaupun kabarnya baru dipatahkan rekornya oleh SSC Tuatara.

Sumber : Motor1

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

Related Post

3 comments on “10 Fakta Logo/Emblem Bugatti, Ternyata Butuh 20 Orang Untuk Membuatnya!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.