Hyundai Sonata Direcall Karena Fitur Smart Park yang Tidak Smart

Mivecblog.com – Fitur Smart Park alias parkir pintar saat ini menjadi salah satu fitur yang diunggulkan pabrikan untuk mobil barunya. Salah satu mobil yang sudah dibekali fitur Smart Park ini adalah Hyundai Sonata, yang baru diperkenalkan pada ajang Super Bowl awal tahun ini. Hyundai menyebutnya dengan Remote Smart Parking Assist technology.

Hyundai Sonata Smart Park

Hyundai Sonata Smart Park

Fitur Smart Park pada Hyundai Sonata memungkinkan mobil ini untuk parkir sendiri, bahkan ketika berada di area sempit tanpa ada orang dibalik kemudinya. Pemiliknya bisa menekan tombol sebelum keluar mobil atau menggunakan anak kuncinya untuk mengaktifkan Sonata parkir sendiri. Sayangnya fitur ini ternyata belum pintar-pintar amat, dan mengakibatkan Hyundai me-recall mobil ini.

Recall ini dikeluarkan oleh NHTSA alias badan keselamatan transportasi Amerika karena Hyundai Sonata yang memiliki fitur Smart Park ini bisa bergerak sendiri tanpa perintah dari si pemilik sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk masalahnya sendiri ditemukan Hyundai pada bulan Maret lalu di Korea Selatan saat sebuah mobil tidak mau berhenti ketika parkir sendiri.

Hyundai Sonata Smart Park 2

Hyundai Sonata Direcall akibat Smart Park yang tidak pintar

NHTSA mengungjapkan bahwa masalah tersebut sebagai kesalahan dalam pemrograman perangkat lunak aka software yang dapat “menyebabkan kendaraan terus bergerak ke arah yang diperintahkan terakhir bahkan ketika kerusakan sistem terdeteksi.” Waduh bahaya banget kan…?

Berita baiknya, Hyundai telah melaporkan bahwa belum ditemukan adanya kecelakaan terkait masalah ini. Hyundai akan menarik semua Sonata dan juga Nexo yang menggunakan software yang sama dan memperbaiki softwarenya secara gratis mulai 4 Juni mendatang. Total yang harus direcall adalah 11.870 unit Sonata dan Nexo. Itu semua di Amerika lho ya…

Bagaimana dengan Sonata di Indonesia?

Ya jelas saja tidak direcall karena Hyundai Indonesia tidak menjual mobil ini hehe… Hyundai Indonesia saat ini hanya jualan New Gran i10, Kona, Tucson, Santa Fe, New H-1, Starex dan Pickup H-100.

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

Related Post

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.