Daftar Event Otomotif Yang Ditunda dan Dibatalkan akibat Corona, Buanyak Banget!

Mivecblog.com – Corona Covid-19 memang kecil, tak kasat mata dan banyak “disepelekan” pada awalnya. Namun hingga hari ini, ratusan ribu orang bahkan jutaan orang telah terjangkit dan puluhan ribu lainnya harus menyerah akibat virus ini. Banyak negara yang sudah melakukan pembatasan perjalanan hingga total lockdown dan mengakibatkan kacaunya hampir semua lini bisnis.

Virus Corona Covid-19 membuat sejumlah event otomotif dunia berantakan

Tak terkecuali event otomotif yang harus menyerah akibat ulang si virus kecil tadi. Puluhan seri balapan baik roda 2 maupun roda 4 banyak yang ditunda dan atau dibatalkan. Begitu juga dengan event otomotif lain seperti Auto Show maupun serial drama dan film yang bertemakan otomotif juga harus ditunda atau dibatalkan. Nah, berikut ini adalah event-event otomotif yang batal atau ditunda terkait virus Corona Covid-19.

  • Formula 1

Ajang ini merupakan salah satu balapan yang biasanya menyedot paling banyak penonton. Bahkan tahun lalu, total penontonnya mencapai 4.093.305 orang, hampir 2 kali lipat dari penonton MotoGP. Sayangnya Ajang F1 tahun ini masih belum jelas kapan akan dimulai setelah Grand Prix Australia dibatalkan akibat salah seorang personil McLaren positif Covid-19.

Red Bull F1 vs Hornet

Red Bull F1 vs Hornet

Menyusul kemudian, GP China, Bahrain, Vietnam, Belanda, Spanyol dan Azerbaijan juga harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. GP Monaco juga harus dibatalkan tanpa penggantian waktu/tempat. FIA sendiri masih berharap F1 2020 bisa diselenggarakan bulan Mei nanti, walaupun masih harus menunggu situasi global kondusif.

  • MotoGP

MotoGP sepertinya menjadi ajang yang paling ditunggu oleh penikmat balap tanah air. Sayang, beberapa hari jelang dimulai MotoGP Qatar awal Maret lalu, pemerintah Qatar membuat keputusan harus mengkarantina setiap pendatang dari Italia. Otomatis, kelas Premier MotoGP dibatalkan mengingat banyak pembalap dan krew yang berasal dari Italia, sementara Moto2 dan Moto3 tetap diselenggarakan.

Sepertinya tidak ada tontonan MotoGP tahun ini

Tahun lalu, jumlah penonton MotoGP turun sedikit dibandingkan tahun 2018, mencapai 2.863.113 penonton. Jumlah terbanyak dalam satu seri masih dipegang oleh GP Thailand dengan 226.655 penonton. Sayangnya, akibat Covid-19 GP Thailand harus ditunda hingga 3 Oktober, kemudian GP Amerika juga ditunda dari April ke November, dan GP Argentina juga ditunda dari April ke November 2020.

Untuk “sesi pembuka” sejatinya akan  dijadwalkan di GP Spanyol tanggal 3 Mei mendatang, namun ternyata juga harus ditunda. Termasuk GP Prancis (Le Mans), Italia (Mugello) dan Spanyol (Catalunya). Jika kondisi membaik, seri pembuka MotoGP 2020 akan dilakukan di Jerman (Sachsenring), pada 21 Juni nanti.

  • NASCAR

Balapan paling terkenal di Amerika ini juga terkena imbas Covid-19. Balapan di Atlanta Motor Speedway dan Homestead-Miami Speedway sudah jelas ditunda. 3 Seri berikutnya di bulan Mei yaitu Bristol Motor Speedway, Richmond Raceway, Talladega Superspeedway, dan Dover International Speedway juga ditunda.

Balapan baru akan dilanjutkan pada tanggal 9 Mei di Martinsville Speedway dengan total 36 balapan dijadwalkan tetap akan berlangsung dengan jadwal yang akan diumumkan kemudian.

  • Indy Car

Inilah balapan mobil ala F1 versi Amerika. Indy Car juga terkena dampak Covid-19 dan harus membatalkan banyak seri balapannya. Semua seri di Maret dan April 2020 seperti seri Grand Prix of St. Petersburg, Grand Prix Alabama, Grand Prix Long Beach, dan IndyCar Challenge di Circuit of the Americas. GP Indianapolis ditunda hingga 4 Juli, sementara Indianapolis 500 ditunda ke 23 Agustus.

Perubahan-perubahan lain pada jadwal Indy Car juga banyak seperti tambahan race 3 di sirkuit jalan raya Indianapolis pada 3 Oktober, serta race baru di Iowa dan Monterey pada 17 Juli dan 19 September.

  • Isle of Man TT

Seluruh race pada Isle of Man TT musim 2020 yang sejatinya dilakukan pada 30 Mei hingga 13 Juni telah dibatakan, otomatis tidak ada balapan jalan raya paling menakutkan tahun ini.

  • Formula E

Sanya ePrix telah dibatalkan, termasuk ePrik di Roma dan yang cukup kontroversial… Formula E di Jakarta yang juga harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. FIA sendiri telah mengumumkan akan menunda Formula E dalam jangka waktu 2 bulan, walaupun masih harus meihat situasi terkini terkait Covid-19.

  • WRC

Reli Meksiko telah dihentikan lebih cepat, sementara reli Argentina yang akan digelar 23 – 26 April harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

“Kami menyesalkan penundaan ini dan semua pihak akan bekerja sama untuk mencari tanggal baru yang potensial untuk acara tersebut,” kata direktur pelaksana promotor WRC, Oliver Ciesla.

  • British Touring Car Championship

TOCA, badan sanksi British Touring Car Championship telah menunda tiga balapan pertama seri di Donington Park, Brands Hatch, dan Silverstone. Kejuaraan ini akan dijadwalkan ulang termasuk 3 balapan yang ditunda dan menjalankan musim secara penuh, meskipun belum menetapkan tanggal baru.

  • American Rally Association –> 100 Acre Wood Rally di Missouri telah dibatalkan
  • GT World Challenge Europe –> GT World Challenge Europe di Monza juga telah dibatalkan
  • Formula Drift

Kota Long Beach yang telah melarang acara apapun dengan peserta lebih dari 250, otomatis kejuaraan Long Beach Formula Drift juga harus dibatalkan.

  • Formula 2 dan Formula 3

Kejuaraan balap mobil di bawah F1 ini juga harus batal. Seri pembuka di Bahrain tanggal 22 – 23 Maret lalu sudah dibatalkan.

  • Super GT

Balapan Super GT di Jepang juga mengalami nasib yang sama. Sesi pembuka di sirkuit Okayama pada tanggal 12 April harus ditunda hingga waktu yang belum diketahui. Untuk sesi pengetesan pada 28 – 29 Maret dilakukan dalam kondisi tertutup.

  • American Flat Track

Balapan motor Amerika ini juga ditunda melalui sebuah tweet resmi. Balapan di Daytona International Speedway yang dijadwalkan tanggal 13 – 15 Maret telah ditunda. Daytona 200 ditunda hingga bulan Oktober, sementara Daytona TT akan dijadwalkan ulang kemudian.

  • Geneva Motor Show 2020

Acara akbar di Eropa ini juga menjadi salah satu event otomotif yang dibatalkan. Geneva Motor Show 2020 yang sejatinya digelar 5 hingga 15 Maret 2020 telah dibatalkan dan dinyatakan tidak akan diganti waktunya. Beragam mobil baru yang akan meluncur di ajang inipun gagal, dan harus diluncurkan terpisah secara online.

Geneva Motor Show 2020

Genewa Motor Show 2020 Batal digelar

Selain event di atas, masih banyak lagi event otomotif yang harus ditunda atau dibatalkan, seperti New York International Auto Show yang ditunda ke musim gugur, penundaan The Grand Tour Season 4 serta film  Fast and Furious 9 yang ditunda hingga tahun 2021.

Bahkan sirkuit Spa-Francorhamps juga telah menutup pintunya hingga 3 April lalu sebagai akibat dari pembatasan kegiatan olahraga yang diberlakukan oleh pemerintah Belgia. Sirkuit Amerika telah ditutup tanpa batas sementara Virginia International Raceway ditutup hingga 1 April. Goodwood Festival of Speed yang sangat dinantikan juga telah ditunda. North American International Auto Show yang umumnya dikenal sebagai Detroit Auto Show telah dibatalkan. dan terakhir Beijing Auto Show telah dipindahkan ke 26 September. Buanyak bener dampaknya… ini baru event otomotif lho. Yang lain?

Sumber : RoadandTrack

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

Related Post

2 comments on “Daftar Event Otomotif Yang Ditunda dan Dibatalkan akibat Corona, Buanyak Banget!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.