Toyota New Agya Hadir dengan Harga Hingga 169 Jutaan, Masih Layak Disebut LCGC?

Mivecblog.com – Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis versi facelift dari Toyota Agya. Mobil yang dirilis sebagai LCGC pertama dari Toyota ini pertama kali hadir tahun 2013 lalu yang mengusung mesin 1.0 liter 3 silinder. Jelas non turbo 🙂 . Kemudian sekitar 4 tahun setelahnya, mobil ini juga mengalami perubahan dengan menghadirkan varian 1.2 liter 4 silinder dan disebut dengan New Agya. Kalau saya dan banyak teman lainnya biasa menyebutnya dengan Agya Joker. Baca juga: LCGC, Perbandingan antara Agya dan Karimun Wagon R

Launching Toyota New Agya 2020 (1)

Launching Toyota New Agya 2020 secara Online

Dan akhirnya setelah Agya Joker hadir selama 3 tahun, lahirlah Agya facelift baru hari ini, 19 Maret 2020 yang juga disebut dengan Toyota New Agya. New Agya 2020 dirilis secara online terkait masalah virus Corona. Seperti biasa, mobil baru hadir dengan harga baru. Dan untuk New Agya kali ini tembus hingga 169 jutaan.

New Agya hadir dengan desain yang sebagian besar masih mirip dengan Agya Joker. Bagian yang berbeda dan terlihat sangat jelas ada di bagian depan, terutama grill dan bumper. Bagian depan sekarang lebih terlihat mirip dengan Toyota Raize yang sudah dirilis di Jepang beberapa waktu lalu, tidak lagi mirip senyum Joker. Lebih keren sih… Untuk desain bagian belakang, anggap saja masih sama karena memang mirip sekali. Hanya terlihat lampu belakang yang model smoke.

Toyota New Agya 2020

Toyota New Agya 2020

Toyota Raize

Toyota Raize

Sementara untuk interior juga masih mirip. Yang berbeda hanya layar entertainment touh screen baru dan AC yang sudah digital. Varian TRD juga lebih lengkap dengan menggunakan tombol start/stop engine. Kira-kira itu saja yang berbeda…

Namun, harga yang harus dibayar konsumen jelas lebih tinggi dibandingkan Agya Joker. New Agya kali ini dibanderol mulai dari 143,8 juta rupiah hingga 169,9 juta rupiah, atau naik mulai 500 ribu hingga 5,5 jutaan rupiah. Berikut harga Toyota New Agya 2020, dan dibandingkan dengan harga New Agya Joker, semuanya OTR Jakarta (untuk Batam nanti saya update terpisah).

Harga New Agya 2020:

  • New Agya 1.0 G M/T Rp 143,8 juta
  • New Agya 1.0 G A/T Rp 156,710 juta
  • New Agya 1.2 G M/T Rp 148,1 juta
  • New Agya 1.2 G A/T Rp 161,64 juta
  • New Agya 1.2 G M/T TRD Rp 153,445 juta
  • New Agya 1.2 G A/T TRD Rp 169,29 juta.

Harga New Agya Joker Lawas:

  • Agya 1.0 G M/T Rp 143,3 juta
  • Agya 1.2 G M/T Rp 146,4 juta
  • Agya 1.2 G A/T Rp 159,4 juta
  • Agya 1.2 G M/T TRD Rp 150,6 juta
  • Agya 1.2 G A/T TRD Rp 163,7 juta

Nah, dari kacamata sebagai seorang buruh manufacturing… jelas harga mobil LCGC alias Low Cost Green Car ini sudah tidak low lagi. Muahal brooo… Memang masih LCGC, tapi jadi Larang Cost-nya Gak Cukup (duitnya), alias mahal banget. Tapi bagi “Sultan” sih murah pakai banget… :mrgreen:

Toyota New Agya 2020

Toyota New Agya 2020 sudah pakai tombol start/stop engine (TRD)

Masih ingatkan dulu ketika LCGC lahir pertama kali? Mulai 70an juta rupiah sudah bisa membeli mobil baru, walaupun tipe paling bawah. Agya waktu itu sudah tembus 99 jutaan rupiah, varian termurah. Itu sayapun masih anggap mahal, apalagi sekarang yang mulai 143 jutaan dan hampir 170 juta rupiah untuk varian tertinggi. Wow… mahal banget untuk disebut sebagai mobil murah. Hal yang sama juga terjadi pada merek sebelah, alias Honda Brio Satya. Sama mahalnya!

Jadi jelas, menurut saya… hilangkan saja kata LCGC dari “kosakata” Indonesia. Eh… kan memang sudah diganti oleh Kemenperin tahun 2017 lalu jadi KBH2 alias Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Yah… sama saja dong, harga terjangkaunya dimana dan untuk siapa…? Belum lagi (apakah) hemat energinya… 🙂

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

Related Post

One comment on “Toyota New Agya Hadir dengan Harga Hingga 169 Jutaan, Masih Layak Disebut LCGC?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.