Honda Luncurkan Civic Type R Limited Edition dan Civic Type R Sport Line

Mivecblog.com – Memasuki tahun 2020, selain merilis minor facelift dari Honda Civic Type R belum lama kemarin, Honda juga baru saja memperkenalkan 2 varian baru untuk Civic Type R. Mereka adalah Honda Civic Type R Limited Editon dan Honda Civic Type R Sport Line.

Honda Civic Type R Limited Editon

Honda Civic Type R Limited Editon

Kedua mobil ini sangat berbeda karena Honda Civic Type R Limited Edition, sesuai dengan namanya adalah dibuat dengan jumlah yang terbatas, baik untuk pasar Jepang, Eropa maupun Amerika. Honda Civic Type R Limited Edition dibuat dengan pendekatan Track Oriented, lebih ringan, lebih ngegrip di aspal dan pastinya tetap road legal. Bagaimana dengan Honda Civic Type R Sport Line?

Honda Civic Type R Sort Line

Untuk Honda Civic Type R Sport Line, mobil ini sepertinya dihadirkan bagi pecinta Honda Civic Type R yang tidak suka dengan sayap belakang super besar. Sayap besar Honda Civic Type R Sport Line ini digantikan dengan spoiler belakang yang lebih kecil dan lebih kalem. Kaki-kaki juga berbeda dengan Honda Civic Type R lain yang menggunakan velg 20 inci, tetapi diturunkan menggunakan velg 19 inci dengan ban Michelin Pilot Sport 4S.

Honda Civic Type R Sport Line

Honda Civic Type R Sport Line

Sementara untuk bagian interiornya, Honda Civic Type R Sport Line menggunakan jog berwarna hitam dengan kombinasi jahitan putih dan merah. Seat belt juga berwarna merah. Setir mobil ini dibalut dengan Alcantara dan perubahan minor lainnya ada pada tuas transmisi yang berbentuk tear drop.

Mesin? Masih sama dengan Type R standar, yaitu 2.0 liter turbo dengan torsi 400 Nm dan tenaga 315 hp untuk pasar Eropa dan 306 hp untuk pasar Amerika. Transmisinya juga tetap manual 6 speed.

Honda Civic Type R Limited Editon

Karena Limited Edition, Type R ini hanya akan diproduksi sebanyak 1.000 unit di seluruh dunia. Sebanyak 600 unit akan dipasarkan di Amerika, 200 unit di Jepang, 100 unit di Eropa dan 100 unit di Kanada. Untuk Asia mana? Info sementara sih tidak ada…

Honda Civic Type R Limited Edition

Honda Civic Type R Limited Edition, hanya ada 1000 unit

Dan untuk Type R Limited Edition ini, bagian mesin sebenarnya juga sama saja dengan Type R standar, tidak ada perbedaan tenaga dan torsi. Hanya saja, Honda Civic Type R Limited Edition memiliki bobot yang jauh lebih ringan, hingga 47 kg di Eropa atau 31 kg di Amerika.

Pengurangan bobot ini diperoleh dari penggunaan velg BBS forged aluminum 20 inci seberat 8,1 kg, pengurangan peredam suara dan heater belakang seberat 12,7 kg, dan bagian lainnya sekitar 10,8 kg. Sehingga totalnya sekitar 31 kg untuk pasar Amerika. Untuk pasar Eropa masih dikurangi lagi dengan pengurangan AC dan entertainment system seberat 15,4 kg menjadi total sekitar 47 kg.

Interior Honda Civic Type R Limited Edition

Interior Honda Civic Type R Limited Edition

Untuk membuat Honda Civic Type R Limited Edition lebih cepat di track, Honda menggunakan ban yang sama dengan yang dipakai oleh Bugatti, yaitu Michelin Pilot Sport Cup 2. Selain itu juga ada tuning tambahan di bagian suspensi dan steering. Honda mengklaim Type R Limited Edition akan lebih kencang dibandingkan Type R standar maupun Sport Line, walaupun belum diketahui angkanya.

Interior Honda Civic Type R Limited Edition

Interior Honda Civic Type R Limited Edition

Interior Honda Civic Type R Limited Edition

Interior Honda Civic Type R Limited Edition

Seperti kita ketahui, rekor Honda Civic Type R di Nurburgring yang 7 menit 43,8 detik telah dipecahkan oleh Renault Megane RS Trophy-R dengan waktu 7 menit 40,1 detik. Jadi sepertinya Honda akan mencoba merebut kembali rekor ini dengan menghadirkan Civic Type R Limited Edition. Baca jugaRekor Nurburgring Nordschleife Pecah Lagi, Kali Ini Oleh Renault Megane RS Trophy-R

Layak ditunggu nih…

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

Related Post

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.