Wow, Hypercar Listrik Pertama Asal Jepang adalah Aspark Owl, Tembus 2.012 PS!

Mivecblog.com – Setelah bertahun-tahun, akhirnya versi produksi dari hypercar pertama asal Jepang akan segera hadir. Mobil yang disebut dengan Aspark Owl ini pertama kali hadir dalam sebuah konsep di ajang Frankfurt Motor Show 2017 lalu. Dan yang cukup mengejutkan, mobil ini bukan diproduksi oleh para raksasa otomotif Jepang seperti Toyota, Honda ataupun yang lain, melainkan sebuah perusahaan bernama Aspark.

Aspark Owl

Aspark Owl, Hypercar Listrik Pertama dari Jepang

Namun bukan itu saja, hypercar ini juga tidak menggunakan mesin bahan bakar fosil, tetapi full listrik alias all electric hypercar. Tenaganyapun tidak tanggung-tanggung, tembus 2.012 PS atau 1.985 HP (1.480 kW) serta torsi super badak 2.000 Nm!

Aspark juga mengklaim bahwa hypercarnya akan menjadi mobil produksi massal dengan akselerasi tercepat, yaitu hanya 1,69 detik untuk 0 hingga 60 MPH (96 kph), dan 10,6 detik untuk mencapai 300 kmh. Top speednya juga bikin geleng-geleng, diklaim mampu mencapai 400 kmh, ediyaannn…

Aspark Owl

Aspark Owl

Dengan performa gila ini, Aspark Owl juga memiliki range yang sangat bagus. Dengan baterai lihium-ion 64 kWh, Aspark Owl mampu menjelajah hingga 450 km dalam sekali charging. Rencananya, dalam waktu dekat juga akan disediakan juga baterai dengan kapasitas lebih besar.

Walaupun wujudnya hypercar, Aspark ingin agar eksterior Owl menggambarkan penampilan yang cantik dan feminin. Body-nya menampilkan banyak lekukan namun dengan kurva yang halus. Sayang sih kalau tampak samping kok terlihat aneh desainnya 😀

Aspark Owl

Aspark Owl tampak samping

Semua panelnya diperkuat serat karbon, kecuali rangka baja stainless di atap untuk penguat tambahan. Tinggi total mobil ini sangat rendah, hanya 38,9764 inci (99 cm) dengan berat sasis monokok serat karbon yang hanya 120 kilogram. Total beratnya hanya 4.188 pound atau sekitar 1.900 kg, sangat ringan untuk sebuah mobil listrik super kencang.

Si Burung hantu ini berjalan di atas suspensi double-wishbone di setiap sisi rodanya plus 3 buah damper hidrolik yang bisa di atur 3 mode yang menawarkan ground clearance antara 3,15 inci (80 mm) dan 6,299 inci (160 mm). Piranti pengeremannya terdiri atas cakram karbon-keramik dengan kaliper 10-piston di depan dan 4-piston di roda belakang.

Aspark tidak banyak memberikan tampilan interior Owl. Yang pasti, terdapat 4 layar di bagian dalam, dimana dua di antaranya berfungsi sebagai layar pengganti spion. Padahal ada spionnya ya…? Tambahan climate control, ambient lighting, keyless entry, bagasi 50 liter, rem ABS, traction control dan stability control juga akan hadir pada hypercar listrik ini.

Last, Aspark akan membuat Owl sebagai hypercar eksklusif. Total hanya akan diproduksi 50 unit yang semuanya diproduksi di Manifattura Automobili Torino di Turin, Italia. Harganya? Hanya 2,9 juta Euro atau sekitar 45 miliar rupiah dengan booking fee 50 ribu Euro yang tidak bisa diminta kembali. Bagi pembeli akan menerima Aspark Owl mulai Q2 tahun 2020. Ada yang mau beli?

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

Related Post

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.