Tesla Model S Milik Polisi Ini Kehabisan Baterai Saat Pengejaran, Kok Iso?

Mivecblog.com – Kejadian ini sebenarnya cukup aneh, lucu tapi tidak bikin ketawa. Sebuah mobil listrik Tesla Model S milik kepolisian Fremont Amerika ini mengalami kehabisan daya/baterai ketika sedang memimpin dalam sebuah proses pengejaran. Sebelumnya, Kepolisian Freemont telah membeli sebuah Tesla Model S Bekas tahun 2014 yang digunakan untuk menggantikan mobil patroli Dodge Charger tahun 2007 yang sudah dipensiunkan.

Tesla Model S Kepolisian Fremont

Tesla Model S Kepolisian Fremont dipakai latihan

Tesla Model S bekas ini dibeli tahun lalu dengan harga USD 61,475.50 sudah termasuk biaya pajak dan lain-lain. Model ini dirasa cocok sebagai mobil patroli karena performa dan daya jelajahnya yang sangat bagus.

“Tesla merupakan satu-satunya kendaraan listrik yang bisa memenuhi spesifikasi untuk dimensi, performa, daya jelajah baterai, dan safety yang diperlukan untuk kendaraan patroli. Dan juga Mobil listrik Tesla diproduksi lokal di Fremont,” ungkap press release-nya tahun lalu.

Tesla juga diharapkan mampu menekan biaya kepolisian untuk kendaraan patroli karena dengan mesin bensin, mereka menghabiskan sekitar USD 32.000 untuk BBM dan sekitar USD 15.000 untuk perbaikan lainnya selam 5 tahun untuk sebuah mobil patroli. Lagian kepolisian Fremont juga telah memiliki stsiun charger mobil listrik sebesar 872 kW yang ditenagai oleh panel surya.

Nah, kembali ke laptop. Ketika melakukan operasi pengejaran, Model S ini tiba-tiba kehabisan baterai dan harus memanggil mobil polisi lainnya untuk melanjutkan. Selidik punya selidik, ternyata habisnya baterai Tesla ini bukan karena rusak atau daya jelajah yang kurang, melainkan keteledoran polisinya sendiri.

Tesla Model S Polisi Fremont

Tesla Model S Polisi Fremont Kehabisan Baterai ketika proses pengejaran

Diketahui, polisi dari shift sebelumnya lupa mencolokkan charger pengisian setelah selesai patroli sehingga ketika dipakai di shift berikutnya tidak ada daya baterai yang cukup. Menurut pihak kepolisian, kejadian ini ternyata juga sering terjadi pada mobil BBM lain ketika di akhir shift sering lupa mengisi BBM, walahh….

“Tesla ini tidak terisi penuh pada awal shift. Sayangnya ini juga terjadi di kendaraan kami yang menggunakan bahan bakar bensin, jika mereka tidak mengisi bahan bakar di akhir shift,” ujar juru bicara kepolisan Fremont.

Baru-baru ini, mobil Tesla memang menjadi sangat populer di kepolisian di seluruh dunia karena performa, “free maintenance” dan kepraktisannya. Di Amerika, Kepolisian Los Angeles dan Departemen Kepolisian Denver juga sudah Model S sebagai bagian dari armada mereka. Sementara di Skotlandia dan Kepolisian Luxembourg juga mengubah dua Model S menjadi mobil patroli. Tidak ketinggalan Polisi Ontario juga baru-baru ini menerima Model X yang baru, yang juga mereka konversi menjadi kendaraan patroli polisi.

Mantab ya, kapan nih Indonesia? Yaa… asal jangan sampai lupa ngecas lagi ya 🙂

Sumber : Elektrec.co

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

 

Related Post

4 comments on “Tesla Model S Milik Polisi Ini Kehabisan Baterai Saat Pengejaran, Kok Iso?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.