Bugatti : Chiron “Longtail” Bisa Tembus 320 MPH atau 515 KMH di Nevada

Mivecblog.com – Masih ingat kan kalau Bugatti Chiron yang dimodifikasi lebih panjang atau “longtail” baru saja memecahkan rekor dunia sebagai mobil tercepat dengan top speed 490 kmh? Kalau lupa atau belum tahu, silakan buka dulu Tembus Batas 300 MPH, Bugatti Chiron Jadi Speed King Baru!

Bugatti Chiron Pecahkan Rekor Mobil Tercepat (1)

Bugatti Chiron Pecahkan Rekor Mobil Tercepat di Ehra-Lessien, test Track VW

Namun, rekor ini tidak tercatat di Guinness World Record karena hanya dilakukan 1 arah, bukan 2 arah seperti yang seharusnya. Walaupun demikian, rekor tetaplah rekor dan Bugatti sendiri bahkan mengklain jika dilakukan di Nevada, Chiron akan mampu meraih top speed 320 mph atau 515 kph. Benarkah?

Menurut Stefan Ellrott, Kepala bagian pengembangan Bugatti, lokasi pengetesan akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan maksimal yang diperoleh. Setelah melakukan berbagai perhitungan, maka Bugatti memutuskan untuk melakukan tes ini di test track VW Ehra-Lessien sepanjang 13 mil, bukan di Nevada Amerika Serikat.

Nevada, tempat Agera RS memecahkan rekor mobil tercepat

Nevada, tempat Agera RS memecahkan rekor mobil tercepat

Ehra-Lessien letaknya hanya 50 meter di atas permukaan laut sehingga aerodynamic drag cukup besar karena tekanan dan kepadatan udara juga besar. Tekanan udara akan berkurang 1 hektoPascal setiap naik ke ketinggian 8 meter. Itulah salah satu alasan kenapa pesawat selalu menggunakan ketinggian yang lebih tinggi ketika jalur penerbangannya lebih jauh. Jadi Nevada, tempat Agera RS memecahkan rekor yang berada di ketinggian 1.036 meter di atas permukaan laut sebenarnya lebih cocok. Namun Bugatti tetap memilik Jerman. Alasan utamanya adalah safety.

“Menurut perhitungan, kami akan mendapatkan kecepatan 25 kmh lebih cepat di Nevada (atau 515 kmh). Namun Bugatti memutuskan untuk tidak melakukannya di sana. Keamanan menjadi yang utama di Bugatti. Rute di Nevada sangat panjang dan hanya berjalan satu arah, tim rescue akan membutuhkan waktu terlalu lama untuk sampai ke lokasi jika ada keadaan darurat. Selain itu, trek Nevada memiliki kemiringan sedikit sekitar 3 persen. Rasanya tidak benar untuk membuat rekor di sana,” kata Stefan Ellrott.

The World Fastest Car, Chiron!

The World Fastest Car, Chiron!

Yups, di Ehra-Lessien karena memiliki 3 lajur yang luas, crash barrier, dan juga layanan emergency di kedua ujung track. Selain itu, sebelum pengetesan, track juga selalu dibersihkan dengan bahan khusus. Sayangnya, sepertinya Bugatti tidak lagi memiliki niat untuk melakuakn pemecahan rekor top speed lagi.

“Kami telah menunjukkan beberapa kali bahwa kami bisa membangun mobil tercepat di dunia. Di masa depan kita akan fokus pada proyek-proyek menarik lainnya, ”ungkap Presiden Bugatti, Stephan Winkelmann.

Wah, sudah cukup kali ya rekor ini… kecuali mungkin nanti sudah dipecahkan oleh Hennessey F5 atau Koenigsegg Jesko atau mungkin SSC Tuatara…

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

 

Related Post

Advertisements

One comment on “Bugatti : Chiron “Longtail” Bisa Tembus 320 MPH atau 515 KMH di Nevada

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.