Sian, Hypercar Hybrid Pertama dan Terkencang Lamborghini ini Langsung Ludes Terjual!

Mivecblog.com – Lamborghini Aventador masih menjadi salah satu hypercar (atau supercar) Lambo yang menjadi kebanggaan Italia. Mesin V12 6.500 cc-nya sangat menyenangkan ketika dibawa ngebut dalam drag race, walaupun hanya di game 😀 . Desainnya juga wow banget sejak lahir tahun 2011 lalu, dan hingga saat ini sudah hadir dalam beberapa varian ditambah dengan Aventador “turunannya” seperti Veneno maupun Centenario.

Lamborghini Sian

Lamborghini Sian

Walaupun sudah memiliki banyak varian, ternyata Lamborghini tidak berhenti menggunakan basis Aventador untuk hypercar lainnya. Dan akhirnya, lahirlah Lamborghini Sian, sebuah hypercar hybrid pertama dan terkendang dari basis Aventador. V12 6.500 cc plus motor listrik, pasti kencang sangat!

Lamborghini Sian melakukan debutnya beberapa waktu lalu secara online dan baru akan muncul perdana dalam ajang Frankfurt Motor Show 2019 minggu depan. Nama Sian sendiri bukan berarti Banteng seperti kebanyakan nama mobil Lambo. Sian berarti Petir atau Kilat dalam dialek Bolognese, masih bahasa Italia. Nama ini diambil karena merupakan Lambo pertama dengan sistem hybrid.

Interior Lamborghini Sian

Interior Lamborghini Sian

“Lamborghini Sian mewakili langkah pertama dalam rute Lamborghini menuju elektrifikasi, dan mempercepat mesin V12 generasi berikutnya. “Nama Sián berarti petir atau kilat dalam dialek Bolognese, menunjukkan elektrifikasi pertama dari mobil produksi Lamborghini,” kata Stefano Domenicali, CEO Lamborghini.

Seperti Aventador, Lamborghini Sian juga menggunakan mesin V12 6.500 cc plus dengan motor listrik yang sanggup menambahkan tenaga 34 hp sehingga total tenaganya mencapai 808 hp dan menjadikan Sian sebagai Lambo terkuat. Dengan tenaga ini Sian mampu negbut dari 0 hingga 100 kmh dalam waktu kurang dari 2,8 detik dengan top speed 350 kmh. Sebagai perbandingan, akselerasi Sian dari 70-120 km/jam lebih cepat 1,2 detik daripada Lamborghini Aventador SVJ!

Lamborghini Sian

Ada angka 63 di bagian belakang Lamborghini Sian

Lebih menarik lagi, ternyata sistem hybrid Sian tidak menggunakan baterai sepeeti kebanyakan mobil hybrid/listrik. Sian justru menggunakan superkapasitor yang diletakkan di antara mesin dan kabin. Superkapasitor ini memungkinkan seluruh dayanya disalurkan ke motor listrik secara instan, plus dengan pengisian yang juga instan ketika melakukan pengereman. Berat superkapasitor ini hanya 34 kg, yang berarti power to weight ratio-nya mencapai 1:1. Sangat ringan tapi kencang.

Nah, ada yang penasaran dengan angka 63 yang nempel di sisi kanan dan kiri belakang Sian? Angka 63 ini melambangkan jumlah unit Sian yang akan dibuat serta merupakan tahun lahir Lamborghini, yaitu 1963. Sayangnya, semua Lamborghini Sian yang hanay 63 unit ini sudah luder terjual aka sold out. Duh… sayang deh ga bisa beli 😀

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

 

Related Post

Advertisements

One comment on “Sian, Hypercar Hybrid Pertama dan Terkencang Lamborghini ini Langsung Ludes Terjual!

  1. Pingback: Porsche Rilis Resmi Mobil Listrik Taycan Turbo dan Turbo S. Beneran Turbo? | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.