Akhirnya Suzuki XL6, Ertiga Versi Crossover Meluncur. Cuma 194 Jutaan!

Mivecblog.com – Setelah berbagai bocoran dan spyshot hadir, akhirnya crossover Suzuki yang mengambil basis All New Ertiga dirilis secara resmi. Sayangnya rilis mobil ini bukan di Indonesia, melainkan di India. Sesuai dengan bocorannya, crossover ini diberi nama Suzuki XL6 atau kalau di India adalah Maruti XL6. Baca jugaSpyshot Suzuki XL6, Inilah SUV Suzuki dengan Basis All New Ertiga

Suzuki XL6

Launching Suzuki XL6

Namun, di India mobil ini tidak dikategorikan sebagai sebuah crossover ataupun entry level SUV, melainkan masuk dalam kategori premium MPV. Sebagai sebuah mobil “premium”, harganya juga terpaut cukup jauh dengan Ertiga, hampir mencapai 50 juta kalau dirupiahkan.

Secara tampilan, sekilas memang masih sangat mirip dengan All New Ertiga, terutama bagian samping dan belakang. Untuk bagian depan, baik bumper, grille, foglamp hingga headlamp dibuat berbeda dengan Ertiga. Walaupun desainnya masih mirip, headlampnya dibuat agak besar dengan tambahan LED DRL horisontal yang terlihat menyambung dengan bilah horizontal krom di tengah-tengah grille. Bentuk grille jelas berbeda, lebih besar dan lebih sederhana.

Suzuki XL6

Suzuki XL6 Tampak Depan

Bagian samping masih All New Ertiga banget. Hanya ditambahkan add on body dan overfender hitam yang menyambung dengan bumper depan dan belakang. Melihat velgnya juga akan langsung teringat dengan Ertiga, karena sama dengan velg Ertiga sebelum facelift, yaitu 15 inci tapi diberi warna hitam.

Suzuki XL6 Tampak Samping

Suzuki XL6 Tampak Samping

Sementara bagian belakang XL6, model lampu juga masih mirip dengan Ertiga, hanya ditambah dengan reflektor vertikal di bagian bawah kiri dan kanan serta tambahan add on bumper warna silver.

Suzuki XL6 Tampak Belakang

Suzuki XL6 Tampak Belakang

Apakah interironya sama dengan All New Ertiga?

Yups, sebagian besar masih sama mulai dari stir, dashboard hingga door trim dan controller AC. Sistem entertainment XL6 juga sudah menggunakan SmartPlay Studio Touchscreen yang juga mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Hanya saja untuk konfigurasi jok baris kedua sudah model captain seat alias hanya 6 seat.

Dashboard Suzuki XL6

Dashboard Suzuki XL6

Suzuki XL6

Captain Seat Suzuki XL6

Mesin yang dipakai juga hanya tersedia versi K15B, sama sepeti All New Ertiga yaitu 4 silinder 1.500 cc (tepatnya 1.462 cc) dengan tenaga 105 PS @ 6.000 RPM dan torsi 138 Nm @ 4.400 RPM. Transmisinya tersedia dalam versi otmatis 4 speed dan manual 5 speed. Suzuki mengklaim konsumsi BBMnya tembus 17,99 km/liter untuk transmisi otomatis dan 19,01 km/liter untuk varian manual.

Mesin Suzuki XL6

Mesin Suzuki XL6

Nah, karena model premium, XL6 hanya akan dijual di dealer premium Suzuki yaitu Nexa. Di India Suzuki XL6 dibanderol dengan harga mulai INR 9,79,689 atau sekitar 194 jutaan sementara Ertiga dibanderol sekitar 7,55 lakh atau sekitar 149 jutaan. XL6 hanya tersedia dalam 2 varian yaitu Zeta dan Alpha dengan rincian harga :

  • Zeta MT – INR 9,79,689 atau IDR 194-an juta
  • Alpha MT – INR 10,36,189 atau IDR 205-an juta
  • Zeta AT – INR 10,89,689 atau IDR 216-an juta
  • Alpha AT – INR 11,46,189 atau IDR 227-an juta

Nah, apakah nanti juga akan dibawa ke Indonesia? Rumornya sih yes, walaupun kalau boleh usul, tolong dong velgnya diganti 16 inci, biar ga terlalu kelihatan cungkring 😀

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Akhirnya Suzuki XL6, Ertiga Versi Crossover Meluncur. Cuma 194 Jutaan!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.