Rekor Baru F1 Terukir di GP Jerman, Pitstop Tercepat Hanya 1,88 Detik!

Mivecblog.com – Proses penggantian ban ataupun komponen seperti wing depan atau komponen lain di pitstop menjadi salah satu hal yang sangat krusial di ajang balap Formula 1 (F1). Durasi pitstop 1 detik lebih lambat bisa membuat perbedaan besar di hasil race, bahkan bisa jadi podium melayang.

Rekor Pitstop oleh Tim Red Bull

Rekor Pitstop F1 oleh Tim Red Bull di GP Jerman

Pitstop di ajang F1 secara rata-rata adalah 2,4 detik, sementara rekor pitstop tercepat telah dibukukan oleh tim Red Bull adalah 1,91 detik yang diukir saat balapan di Silverstone tanggal 14 Juli lalu. Namun, dalam race berikutnya di Jerman, rekor pitstop tercepat itu kembali pecah, dan lagi-lagi oleh tim Aston Martin Red Bull Racing!

Balapan di Jerman yang cukup seru kemarin karena cuaca yang berubah-ubah mencatatkan nama Max Verstappen dari Red Bull Racing sebagai pemenang. Namun timnya juga mencatatkan kemenangan lain, yaitu rekor pitstop di F1 dengan catatan waktu 1,88 detik, edannn! Lha wong kalau saya ganti ban sendiri saja (cuma ganti 1 ban lho) bisa membutuhkan waktu hingga 30 menit haha…

Walaupun “hanya” mengganti ban, namun seluruh personel yang terlibat (sekitar 16 orang) memiliki peran masing-masing. Ada 8 orang sebagai pembawa ban (4 untuk ban baru dan 4 untuk ban bekas setelah dilepas), 2 orang “tukang” dongkrak depan belakang, 2 orang stabilizer mobil, dan 4 orang pengganti ban yang membawa alat pelepas screw yang berputar hingga 10.000 rpm. Pastinya jika ada penggantian komponen akan lebih rumit lagi prosesnya.

Rekor pitstop tercepat ini diukir di lap 46 dari total 64 lap. Mobil Verstappen masuk ke pit utuk mengganti ban dari kompon intermediate strip hijau ke ban kompon lunak strip merah. Mantab!

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

 

Related Post

Advertisements

One comment on “Rekor Baru F1 Terukir di GP Jerman, Pitstop Tercepat Hanya 1,88 Detik!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.