Hyundai Kona Electric Meledak di Garasi, Penyebabnya Belum Diketahui

Mivecblog.com – Hyundai baru merilis SUV mereka Kona di tanah air beberapa bulan lalu dalam ajang IIMS 2019. Harga Kona di Indonesia dibanderol mulai 363,9 juta rupiah. Jika di Korea ada 3 varian, yaitu Kona 1,6 liter turbo, 2.0 liter N/A dan Electric, maka di Indonesia hanya ada satu pilihan mesin saja, yaitu 2,0 liter. Padahal yang varian Electric memenangkan Good Design Award di Australia lho…

Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric

Meskipun varian Electric cukup laris dan diakui di luar, baru-baru ini ada kabar kurang menyenangkan dari Kanada, terkait Hyundai Kona Electric. Dilaporkan, sebuah Kona Electric meledak ketika diparkir di dalam garasi dan habis terbakar. Wahhh kenapa ya?

Baca juga: Jaguar I-PACE Terbakar Saat Diparkir, Langsung Investigasi!

Menurut laporan dari CBC Kanada, insiden ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Piero Cosentino, sang pemilik Kona yang tinggal di Montreal ini baru membeli mobil ini bulan Maret lalu. Ketika diparkir di dalam garasinya tanggal 26 Juli kemarin, tiba-tiba meledak dan terbakar habis. Cosentino-pun mengklaim bahwa Kona miliknya tidak sedang di-charge, bahkan tidak terhubung sama sekali dengan chargernya.

“Begitu saya melihat kebakaran itu, saya langsung mematikan arus listrik. Naluriku yang pertama adalah berlari keluar rumah sehingga aku tidak perlu membuka pintu dan memberi makan api (dengan oksigen),” katanya kepada CBC

Hyundai Kona Electric Meledak dan Terbakar di Kanada

Hyundai Kona Electric Meledak dan Terbakar di Kanada

Cosentino kemudian mulai memadamkan api dengan bantuan selang air taman sementara dia menunggu petugas pemadam kebakaran. Ledakan dari Hyundai KOna miliknya membuat pintu garasinya terlempar ke sisi lain jalan dan sebagian atap garasi hancur.

Hyundai Kona Electric Meledak dan Terbakar di Kanada

Garasi Hancur akibat Hyundai Kona Electric Meledak

DIbutuhkan sekitar 30 orang untuk memadamkan api tersebut. Menurut Louise Desrosiers, Kepala Divisi dari Pemadam Kebakaran Montreal, mereka tidak menemukan kemungkinan penyebab lain selain kebakaran dari Hyundai Kona ini sendiri.

“Itu adalah kendaraan listrik, dan tidak ada apapun di sekitarnya yang bisa menyebabkan ledakan. Kami akan menindaklanjuti dengan pemilik untuk memahami masalah dalam mengantisipasi kasus lain, ”kata Desrosiers kepada Radio Kanada, yang juga mengambil gambar dalam artikel ini.

Kita harus menunggu investigasi lebih lanjut untuk menentukan apa yang menyebabkan kejadian itu. Yang jelas Baterai Lithium menawarkan kapasitas yang sangat efisien saat ini, walaupun sayangnya mudah terbakar. Inilah sebabnya mengapa setiap situasi kebakaran yang berhubungan dengan baterai lithium-ion yang besar akan sangat sulit untuk dipadamkan.

Menurut Sobat apa yang menyebabkan ledakan itu? Apakah memang mobil listrik (masih) berbahaya, ataukan ada kesalahan penggunanya? Yang jelas mobil listrik menawarkan performa dan efisiensi yang sangat bagus saat ini, tinggal bagaimana meningkatkan keamanannya karena masih banyak kasus-kasus mobil listrik terbakar hingga saat ini.

 

Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.