Mobil Listrik The Blue Bandit Sukses Lintasi 33 Negara, dari Belanda hingga Australia

Wiebe Wakker, pria berkebangsaan Belanda berusia 32 tahun ini sukses melintasi 33 negara dengan mengendarai mobil listrik hasil modifikasinya yang diberi nama The Blue Bandit yang dimodifikasi dari mobilnya, VW Golf.

Wiebe Wakker Sukses Berpetualang 95.000 km dengan mobil listrik

Wiebe Wakker berpetualang 95.000 km dengan mobil listrik

Start dari Belanda pada 15 Maret 2016 atau 1.119 hari yang lalu, Wakker telah menyelesaikan petualangannya 2 hari kemarin di Sydney Australia. Yang menarik, biaya yang dikeluarkan untuk mengisi mobil listriknya sebagai pengganti BBM hanya sebesar 4,2 juta rupiah… irit benerrr…

Perjalanan ini dilakukan Wakker sebagai upaya untuk membuktikan kelayakan mobil listrik dalam menghadapi perubahan iklim serta mengedukasi pentingnya masa depan yang bebas karbon. Total jarak yang ditempuh Wakker dari Belanda hingga Australia mencapai 59.000 mil atau sekitar 95.000 km! Motor saya saja 3 tahun cuma dapat 10.000 km 😀

Perjalanan Wiebe Wakker bersama The Blue Bandit

Perjalanan Wiebe Wakker bersama The Blue Bandit

“Saya ingin mengubah opini dan menginspirasi masyarakat untuk mulai mengendarai mobil listrik dengan memperlihatkan keuntungan yang berkelanjutan,” ujar Wakker.

Dalam perjalanan ini, Wakker menemui banyak kendala termasuk ketika melintasi Indonesia. Tahun 2018 lalu, Wakker melintasi jalan raya Porong Jawa Timur. Sayang mobilnya terjebak banjir dan mogok sehingga harus menginap dibengkel milik ITS untuk diperbaiki. Wakker mengeluarkan biaya sekitar 85 juta rupiah untuk memperbaiki mobilnya, yang didapatkan dari sponsornya di Belanda.

Mobil Wiebe Wakker rusak di Indonesia

Mobil Wiebe Wakker rusak di Indonesia

Perjalanan Wakker ini juga mendapatkan donasi publik dari seluruh dunia termasuk makanan, tempat menginap hingga listrik untuk mengisi ulang baterai Blue Bandit. Sebelum dimodifikasi, mobilnya diperkirakan akan menghabiskan BBM sebanyak 6.785 liter. Namun setelah dimodifikasi menjadi mobil listrik, ia hanya butuh biaya sekitar 4,2 juta rupiah untuk membayar listriknya karena dalam sekali charging, mobilnya mampu melaju hingga 200 km.

Wakker tiba di Sidney sekitar jam 14.00 waktu setempat setelah melewati jembatan Harbour yang ikonik dan mengakhiri perjalanannya di Royal Botanical Gardens Sydney.

Wiebe Wakker mengakhiri perjalanannya di Sydney

Wiebe Wakker mengakhiri perjalanannya di Sydney

Sumber : Reuters

 

Related Post

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.