Pengadilan Menangkan Land Rover dalam Kasus Kloning RR Evoque, Landwind X7 Dilarang Dijual di China!

Masih ingat dengan Range Rover KW di China yang dirilis tahun 2014 lalu? SUV gagah dari Inggris ini harus bersaing dengan versi kloningnya yang dihargai kurang dari 1/3 Evoque di China. Tentu saja Jaguar Land Rover (JLR) sebagai pemilik Range Rover Evoque ngamuk dan berniat membawa kasus ini di pengadilan.

Landwind X7 Facelift

Landwind X7 Facelift

Baca juga:

Setelah melalui perjuangan lebih dari 1 tahun, akhirnya JLR bisa bernafas lega. Pasalnya, pengadilan China memutuskan bahwa Landwind X7 yang dibuat oleh Jiangling Motors Corp adalah benar-benar kloningan dari Range Rover Evoque. Wahhh, mantab ya… padahal sebelumnya belum pernah ada pabrikan asli yang memenangkan gugatan terhadap pabrikan mobil di China. Keputusan ini diambil oleh pengadilan di distrik Chaoyang, Beijing. Dan dengan hasil ini, maka Landwind X7 tidak boleh lagi untuk dijual di China dan Jiangling Motors Corp diharuskan untuk memberikan kompensasi kepada JLR yang tidak disebutkan jumlahnya. Selain itu, produksi Landwind X7 juga harus dihentikan, juosss!

Pengadilan mengambil keputusan ini didasarkan pada 5 kemiripan desain pada kedua mobil, antara lain kemiripan siluet di sisi samping, garis berkarakter di bawah jendela serta kemiripan di bagian belakangnya. Memang mirip kan?

Landwind X7 vs X7 Facelift vs RR Evoque - Samping

Landwind X7 vs X7 Facelift vs RR Evoque – Bisa bedakan?

Dengan hasil ini, maka babak baru permobilan di China dimulai. Pabrikan mobil di China diperkirakan akan mulai berpikir 1000 kali sebelum menjiplak mobil lain. Seperti kita ketahui, sebelumnya pabrikan Honda dan Porsche juga menghadapi persoalan serupa dimana beberapa mobil mereka dikloning di China, dan semuanya belum berhasil. Honda pernah gagal di pengadilan China ketika CR-V dikloning oleh Shuanghuan Auto tahun 2004 lalu, walaupun berhasil memenangkan merek dengan Hongda di tahun yang sama. Baca juga : Zotye SR9, Kloning Porsche Macan Hadir dalam Edisi Spesial Bumblebee

 

Related Post

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.