Yamaha Luncurkan MT-15 Versi PAHE dengan Shock Depan Teleskopik, Tapi di India!

Mengikuti peluncuran di Thailand dan di Indonesia, akhirnya Yamaha MT-15 juga turut diluncurkan di India. Motor gahar ini sekilas terlihat sama dengan yang dirilis di Indonesia maupun Thailand. Baca jugaPenampakan Yamaha MT-15 di India, Versi Pahe Dengan Suspensi Teleskopik dan Arm Kotak

Launching MT-15 India

Launching MT-15 India

Namun jika kita lihat kembali, ternyata cukup banyak perbedaannya dengan MT-15 di Indonesia, salah satunya adalah shock depan bukan upside down. Hadirnya MT-15 di India sepertinya benar-benar mengikuti jejak All New R15 yang sengaja dibuat berbeda dengan di Indonesia untuk menekan harga jual. Nah apa sajakah yang berbeda dan menjadikan MT-15 lebih murah dari Indonesia?

Yang pertama paling kelihatan tentu saja adalah shock depan model teleskopik berwarna hitam bukan upside down berwarna emas seperti di Indonesia. Kemudian yang juga sangat terlihat adalah arm belakang yang ternyata juga didowngrade menjadi model kotak, jadi berkurang aura gaharnya. Nah, berikut ini adalah beberapa bagian yang berbeda dari MT-15 di India (dibandingkan di Indonesia) :

  1. Menggunakan shock depan teleskopik (non USD)
  2. Arm belakang model kotak
  3. Velg model V-Ixion lawas
  4. Spatbor depan berbeda, di bagian samping tidak memanjang ke bawah
  5. Footpeg menggunakan besi bulat
  6. Tentu saja khas India dengan sari guard di samping
  7. Tambahan mata kucing di belakang
  8. Ada ABS walaupun single channel (MT-15 Indonesia non ABS)
  9. Dan pastinya tidak terdapat dudukan plat nomor di depan 😀

Eh ada satu lagi lho bedanya, yaitu TAGLINE hehe… Di India MT15 dirilis dengan tagline The Dark Side of Japan sementara di Indonesia tagline-nya Born of Darkness :mrgreen:

Kalau kosmetiknya mendapatkan beberapa downgrade, maka untuk jeroan mesinnya masih sama yaitu 155 cc 1 silinder SOHC 4 katup dengan VVA dan assist & slipper clutch yang mampu menghasilkan tenaga 14,2 kW/ 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/ 8.500 rpm.

Dan seperti yang saya sebutkan di atas, tidak semua fitur MT-15 di India inferior karena ada satu fitur yang tidak ada di MT-15 Indonesia. MT-15 di India sudah dilengkapi dengan ABS single channel, tidak seperti MT-15 di Indonesia yang nihil. Walaupun juga tidak seperti R15 yang memiliki ABS dual channel.

MT-15 di India dibekali fitur ABS Single Channel

MT-15 di India dibekali fitur ABS Single Channel

Dengan beberapa bagian mendapatkan downgrade otomatis harga jualnya menjadi lebih murah dibandingkan di Indonesia. Jika di Indonesia MT15 dibanderol dengan harga 35 jutaan atau tepatnya 35.335.000 rupiah, maka MT-15 di India “hanya” dibanderol dengan harga 1,36 lakh atau sekitar 28 juta rupiah!

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.