Menembus Hujan Deras, Lomba Irit Mio S di Batam Tembus 66,4 km/liter!

Yamaha menggelar tantangan untuk konsumen pemilik dan pengguna Yamaha Mio S, yaitu Lomba Irit 1 Liter Mio S. Acara Lomba Irit Yamaha Mio S ini digelar oleh Yamaha Alfa Scorpii yang merupakan main dealer Yamaha untuk wilayah Riau dan Kepri. Sebelumnya, Alfa Scorpii Batam juga telah sukses menyelenggrakan acar serupa untuk para media, blogger dan vlogger di kota Batam pada akhir 2017 lalu. Baca juga: Uji Irit Yamaha Mio S di Batam Bersama Blogger, Vlogger dan Media. 1 Liter Tembus Berapa Km?

Lomba Irit 1 Liter Mio S

Lomba Irit 1 Liter Mio S Batam

Nah, jika dalam lomba untuk para awak media beberapa waktu lalu berhasil mendapatkan jarak tempuh terjauh 60 km untuk 1 liter pertalite, kali ini apakah bisa mencapai lebih dari 60 km/liter? Yuk kita buktikan apakah Mio S benar-benar irit untuk rute yang berbeda?

Lomba Irit 1 Liter Mio S ini dilakukan pada hari Minggu kemarin, 10 Maret 2019 yang mengambil rute dari area Welcome to Batam (WTB) menuju ke Pantai Elyora di Pulau Galang Baru Barelang. Jarak yang akan ditempuh para peserta sekitar 76 km menurut Google Maps. Kira-kira ada yang sampai ke Pantai Elyora-kah dengan 1 liter pertalite ini?

Rute Lomba Irit Mio S Batam

Rute Lomba Irit Mio S Batam

Perlu diingat ya kalau perjalanan menuju Pantai Elyora akan melewati sejumlah lampu merah yang cukup lama durasinya, termasuk lampu merah di Simpang Kepri Mall yang lama banget hehe…. Selain itu juga kondisi jalan di daerah Barelang cukup menantang dengan begitu banyaknya jalan yang turun naik. Pastinya akan sulit untuk menjaga putaran gas konstan…

Simulasi Uji Irit Mio S dengan Simulator Yamaha

Simulasi Uji Irit Mio S dengan Simulator Yamaha

Nah, para peserta yang jumlahnya sekitar 30 orang berkumpul di area WTB dan mendapatkan beberapa pengarahan untuk lomba kali ini, baik rute hingga ke safety ridingnya. Dalam kesempatan ini juga diujikan konsumsi BBM Mio S dengan menggunakan alat simulai konsumsi BBM dari Yamaha. Hasilnya, digeber sekitar 40 – 60 km/jam sejauh 2 km, konsumsi BBM Mio S tembus sekitar 94 km/liter! Tapi ingat, motor dalam kondisi “statis”, tanpa beban dan tidak ada hambatan angina maupun tanjakan. Sekarang mari kita buktikan di kondisi realnya…

Proses Pengosongan BBM dari tangki Mio S

Proses Pengosongan BBM dari tangki Mio S

Pertalite 1 liter dan ditimbang 711 gram

Pertalite 1 liter dan ditimbang seberat 711 gram

Sebelum lomba, panitia telah mengosongkan semua BBM dari tangki Mio S para peserta hingga benar-benar tidak bisa distarter dan tidak keluar BBM-nya dari selang BBM. Kemudian semuanya diisi BBM Pertalite 1 liter dengan cara di takar 1 liter plus ditimbang dengan berat sama yaitu 711 gram untuk setiap peserta, agar benar-benar adil. Mio S yang saya pakai (motor pinjaman dealer tentunya hehe…) juga mendapatkan perlakuan yang sama. Setelah disi pertalite, semua tutup tangki disegel sehingga tidak bisa diisi lagi tanpa menyobek segelnya. Apakah saya bisa mencapai 60 km/liter?

Ini Mio S yang saya pakai

Ini Mio S yang saya pakai

Semua peserta berangkat dari WTB sekitar jam 09.00 pagi dan dibagi menjadi 3 grup. Saya ikut grup terakhir dan dengan PD langsung ngegas konstan sekitar 50 – 60 km/jam. Apesnya, dari 6 lampu merah yang dilalui, saya mendapatkan lampu merah yang cukup lama sebanyak 4 kali. Apalagi sesaat sebelum Jembatan 1 Barelang, hujan turun dengan deras sekali sehingga saya terpaksa menepi untuk berteduh, maklum nggak bawa jazz jas hujan 😀 Setelah sekitar 15 menit hujan reda dan saya melanjutkan perjalanan dengan tetap menjaga kecepatan 50 – 60 km/jam dan indicator ECO selalu ON.

Sekitar 1 km kemudian, hujan turun dengan lebatnya dan saya menepi kedua kalinya untuk menyimpan HP, kamera dan dompet dalam tas kemudian melanjutkan perjalanan dalam kondisi hujan. Genangan air yang sangat banyak cukup menyulitkan dalam menjaga kecepatan. Lepas dari jembatan 1 menuju jembatan 2, saya kembali menepi untuk berteduh karena jarak pandang yang minim, demikian pula dengan peserta lain yang terlihat juga berteduh. Cari selamat dulu bro…

Hujan akhirnya reda 30 menit kemudian dan semua peserta melanjutkan lomba. Dengan kecepatan konstan 50 – 60 km/jam, ternyata saya hanya mampu mencapai jarak sekitar 54 km (55 km menurut tanda yang diberikan Yamaha), pas di depan Pantai Mirota Batam atau sekitar 1 km dari Jembatan 5 Barelang motor saya mogok kehabisan BBM 😀 . Peserta lain? Masih banyak ternyata yang melebihi saya hahaha…

Saya sampai di sini saja

Saya sampai di sini saja, sekitar 54 km

Saya sampai di sini saja, depan Pantai Mirota

Saya sampai di sini saja, depan Pantai Mirota 🙂

Jarak tempuh 55 km menurut tanda dari Yamaha

Aktual di odometer 53,7 km

Aktual di odometer 53,7 km

Setelah dicatat odometer dan diisi BBM lagi saya meneruskan perjalanan menuju Pantai Elyora yang disambut dengan minuman segar dingin serta makan siang sesampainya di pantai. Setelah makan siang dan beberapa quiz, hasil Lomba Irit 1 Liter Mio S ini diumumkan. Hasilnya? Nggak nyangka lady biker ini tembus lebih dari 64 km… :mrgreen:

  1. Juara 3 = Mirza Nanda dengan jarak tempuh 62,4 Km
  2. Juara 2 = Nur Aini dengan jarak tempuh 64,4 Km
  3. Juara 1 = Rahman dengan jarak tempuh 66,4 Km
Rahman, Juara 1 Lomba Irit 1 Liter Mio S Batam

Rahman, Juara 1 Lomba Irit 1 Liter Mio S Batam

Para pemenang Lomba Irit 1 Liter Mio S Batam

Para pemenang Lomba Irit 1 Liter Mio S Batam

Yups, ternyata hasilnya cukup jauh melewati hasil yang didapatkan para media dan blogger beberapa waktu lalu, kali ini tembus 66,4 km untuk 1 liter pertalite. Bisa dibayangkan iritnya kan Mio S ini, apalagi banyak rintangan di jalan, baik lampu merah, hujan deras hingga genangan air yang sangat banyak.

Masih ragu kalau motor Yamaha sekarang boros? Coba sendiri deh Mio S yang sudah menggunakan teknologi Blue Core ini, pasti IRIT!

 

Related Post

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.