Mitsubishi Kembali Recall 2 Mobilnya, Ada Masalah Apa?

Belum genap sebulan dari kampanye recall sebelumnya, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali melakukan kampanye recall untuk 2 model mobilnya. Seperti kita ketahui, MMKSI telah melakukan recall untuk 3 mobilnya pada 1 Februari lalu, yaitu Pajero Super Exceed, Delica dan Lancer SEi terkait masalah airbag. Baca jugaRecall Masalah Airbag Terus Berlanjut, Mitsubishi Recall 3 Model Mobilnya di Indonesia

Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport

Waahh, kali ini masalah apa lagi ya?

Hari ini, 27 Februari 2019 MMKSI kembali mengumumkan program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan) untuk 2 model mobil Mitsubishi yaitu DELICA & OUTLANDER SPORT. Program ini sebagai tanggungjawab MMKSI dan sebagai wujud kepatuhan terhadap ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. Kampanye recall ini melibatkan unit kendaraan dengan detail sebagai berikut:

Recall Delica dan Outlander Sport

Recall Delica dan Outlander Sport

Yups, total ada 2.330 unit mobil Mitsubishi yang terdampak program recall ini. Recall ini disebabkan oleh ditemukannya potensi kurang kuatnya titik pengelasan antar komponen internal Engine Electrical Power Control Relay/Engine Electronic Control Unit (ECU) Relay, yang menyebabkan bagian pengelasan tersebut berpotensi lepas. Akibatnya, mesin mobil bisa mati mendadak saat kendaraan berjalan dan tidak dapat dihidupkan kembali.

Electrical Power Control Relay Delica

Electrical Power Control Relay Delica

Walaupun potensinya cukup berbahaya, namun hingga saat ini belum ada laporan adanya insiden terkait dengan kondisi tersebut. Bayangkan saja ketika berada di tanjakan atau turunan curam, kemudian mobil mati mendadak, pastinya akan susah untuk mengendalikan mobilnya karena sistem pengereman dan kontrol stir/power steering akan terganggu. Nah, dari Mitsubishi telah melakukan penyempurnaan pada suku cadang baru Electrical Power Control Relay dengan menggunakan komponen material internal yang lebih kuat.

Electrical Power Control Relay Outlander Sport

Electrical Power Control Relay Outlander Sport

Menurut Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, recall ini merupakan komitmen dan tanggungjawab perusahaan terhadap produknya, termasuk yang sudah tidak dijual, Delica misalnya.

“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi, terbukti walaupun model kendaraan DELICA sudah tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI namun komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen tetap dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti kampanye perbaikan ini. Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya,” ungkap Irwan.

Nah, nantinya MMKSI melalui delaernya yang ada di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan penggantian suku cadang kepada konsumen yang terdampak recall ini. KOnsumen dipersilakan untuk membawa mobilnya ke dealer Mitsubishi mulai 27 Februari dan akan dilakukan penggantian kompenen yang memakan waktu sekitar 30 menit. Tentu saja semuanya gratis alias tanpa biaya.

Monggo segera hubungi dealer kendaraan penumpang Mitsubishi terdekat untuk informasi lebih lanjut (Sumber : MMKSI).

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Mitsubishi Kembali Recall 2 Mobilnya, Ada Masalah Apa?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.