Masalah Belt dan ECU, Yamaha Indonesia Recall TMAX

Pengumuman recall ini dirilis kemarin, 18 Februari 2019 di situs resmi Yamaha Indonesia. Yamaha TMAX, skutik kasta tertinggi dari Maxi Yamaha ini harus ditarik karena ada permasalahan pada belt CVT dan juga ECU-nya. Program recall Yamaha TMAX ini berlangsung mulai kemarin 18 Februari yang bisa dilakukan di seluruh dealer CBU Shop, Sentral Yamaha, dan Flagship Shop Yamaha.

Yamaha TMAX

Yamaha TMAX

Baik Belt CVT maupun ECU (Engine Control Unit) memiliki pengaruh yang sangat penting pada sebuah motor matik. Jika ada masalah pada keduanya, performa motor jelas akan berpengaruh karena belt bertugas untuk mentrasfer tenaga dari mesin ke roda, sementara ECU bertugas mengontrol pengapian dan juga fungsi kelistrikan lainnya. 

Pengumuman Recall Yamaha TMAX

Pengumuman Recall Yamaha TMAX

Nah, Yamaha TMAX yang terkena recall ini merupakan TMAX dengan nomor rangka JYASJ1450J0013801 hingga JYASJ1450J0016880, sayang tidak disebutkan tahun pembuatannya.

Untuk Belt dengan kode BC3-46241-01 disinyalir tidak cukup kuat untuk menahan beban saat digunakan sehingga berpotensi putus sehingga harus dilakukan penggantian dengan belt baru yang sudah ditingkatkan ketahanannya dan tambahan jumlah lilitan pada core-nya. Sementara ECU dengan kode BC3-8591A-01 akan diprogram ulang karena bisa menimbulkan mesin mati saat idling atau digunakan pada RPM rendah akibat campuran udara dan BBM terlalu miskin. Kedua perbaikan ini tentu saja dilakukan secara gratis.

Masalah pada Belt dan ECU TMAX

Masalah pada Belt dan ECU TMAX

Nah, siapa yang punya TMAX dengan nomor rangka di atas? Monggo segera dibawa ke dealer Yamaha terdekat, biar segera diperbaiki. Yang jelas, program recall ini merupakan bentuk tanggungjawab Yamaha untuk produknya serta konsumen setianya. Mantab!

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.