Walah, Toyota CH-R Di-Recall Karena Ban Bisa Lepas Sendiri!

Toyota C-HR terbilang mobil yang masih sangat baru. Mobil ini belum genap berumur 2 tahun karena baru diluncurkan di Jepang pada Desember 2016 lalu. Sementara di Indonesia, CH-R baru meluncur menjelang event IIMS 2018 pada bulan April 2018 lalu. Namun meskipun terbiang baru, ternyata CH-R sudah harus di-recall karena masalah yang cukup serius.

Toyota C-HR Batam

Toyota C-HR

Namun, recall ini bukan di Indonesia (atau belum ya?), melainkan di Amerika Serikat. Memang masalah serius apa dan berapa jumlah C-HR yang kena recall? 

Toyota Amerika mengumumkan bahwa C-HR yang direcall tidak terlalu banyak, “hanya” sekitar 700 unit. Masalahnya adalah roda belakang C-HR memiliki potenti untuk bisa terlepas sendiri. Tentu bisa dibayangkan jika mobil dalam kecepatan 100 km/jam dan tiba-tiba rodanya terlepas…

Menurut informasi dari Toyota, masalah ini bersumber dari baut hub bearing as roda belakang yang mungkin tidak dikencangkan dengan benar. Nah, jika baut ini lepas saat mobil sedang berjalan, salah satu roda belakang bisa terlepas. Sereemmm… “Untungnya”, menurut catatan National highway Traffic Safety Administration (NTSA) belum ada laporan tentang insiden atau kecelakaan yang disebabkan oleh masalah ini.

Nantinya, bagian belakang setiap C-HR yang kena recall akan diperiksa oleh dealer Toyota, dan jika baut tersebut ditemukan longgar, hub as roda belakang akan langsung diganti. Sebagai tambahan, penjualan Toyota C-HR di Amerika terbilang bagus, tahun ini C-HR telah terjual sebanyak 37.930 unit sementara tahun 2017 lalu, total ada 25.755 unit C-HR terjual. Semoga di Indonesia tidak kena recall ya…

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.