Mengecewakan, Suzuki Jimny Hanya Meraih Bintang 3 Dalam Uji Tabrak!

Suzuki telah berhasil menggebrak pasar otomotif dengan menghadirkan mobil segala medan ikoniknya, Suzuki Jimny terbaru di tahun ini. Mobil ini juga hadir dalam ajang GIIAS 2018 lalu dan memang selalu menjadi pusat perhatian.

Sayangnya, meskipun para penggemarnya bersuka cita dengan hadirnya Jimny, namun ternyata ada hal yang cukup mengecewakan dari si Jimny ini. Baru-baru ini, Suzuki Jimny telah menyelesaikan uji tabraknya melalui standar Euro NCAP dan hasilnya, hanya meraih bintang 3 dari maksimal 5 bintang!

Hasil Uji Tabrak Suzuki Jimny 2018

Hasil Uji Tabrak Suzuki Jimny 2018

Tapi perlu diingat ya, uji tabrak Euro NCAP (European New Car Assessment Program) berbeda dengan standar Asean NCAP karena standarnya jauh lebih tinggi. Untuk detail Perbedaan Euro NCAP dan Asean NCAP bisa dicek pada link berikut

Nah, untuk si Jimny ini saat menjalani uji tabrak frontal memberikan hasil yang baik pada bagian lutut dan paha namun untuk bagian dada memiliki hasil yang buruk. Kompartemen penumpang Jimny cukup mengalami kerusakan dengan stir yang berubah posisinya sementara tekanan untuk airbag depan terlihat kurang cukup untuk melindungi pengemudi.

Frontal Crash Test Suzuki Jimny

Frontal Crash Test Suzuki Jimny

Sementara untuk uji tabrakan samping, perlindungan terhadap benturan keras dari kepala  penumpang belakang dinilai kurang baik dan perlindungan untuk dada pengemudi dan juga penumpang belakang mendapat nilai marginal.

Untuk sistem pengereman darurat otomatis (AEB) bawaan Jimny juga menunjukkan kinerja yang kurang baik dalam tes untuk pejalan kaki di siang hari dan tidak bekerja semestinya dalam cahaya kurang (malam hari).

Secara keseluruhan, hasil test Suzuki Jimny adalah sebagai berikut :

  • 73 % untuk Adult Occupants (penumpang dewasa)
  • 84 % untuk Child Occupants (penupang anak-anak)
  • 52 % untuk Vulnerable Road Users (perlindungan untuk pengguna jalan – pejalan kaki)
  • 50 % untuk Safety Assist

Menurut Matthew Avery, direktur penelitian di Thatcham Research yang bergerak dalam teknologi safety kendaraan, kegantengan Jimny telah dikhianati oleh fitur safety-nya.

“Kinerja Suzuki Jimny dalam pengujian mengkhianati eksteriornya yang keren dan gagah. Sebagai mobil yang benar-benar baru, Jimny harusnya menawarkan perlindungan yang jauh lebih baik kepada pengemudi jika terjadi kecelakaan. Pembeli Suzuki Jimny harus mendapatkan hal yang lebih layak dalam hal keamanan pasif dan aktif,” ujar Matthew.

Yups, bener banget… mobil sudah ganteng dan macho begini namun ternyata kurang baik dalam melindungi penumpangnya. Semoga nanti segera mendapatkan perbaikan.

Walaupun demikian, Jimny tetaplah mobil yang layak untuk dimiliki, apalagi jika harganya di Indonesia nanti cukup rasional.

 

Related Post

Advertisements

6 comments on “Mengecewakan, Suzuki Jimny Hanya Meraih Bintang 3 Dalam Uji Tabrak!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.