Baca Owner Manual Itu Wajib Agar Tidak Terperangkap Dalam Mobil Selama 14 Jam Seperti Orang Ini

Tidak bisa masuk ke dalam mobil karena kunci mobil tertinggal di dalam mobil atau baterai remote habis sudah menjadi hal yang biasa. Namun kalau sampai terjebak di dalam mobil dan tidak bisa keluar, itu baru luar biasa!

2004 Cadillac XLR

2004 Cadillac XLR

Seperti dialami oleh kakek berusia 75 tahun ini, Peter Pyros yang terjebak di dalam mobil mewahnya, Cadillac XLR dan tidak bisa keluar hingga 13 jam lamanya. Yups, bukan 13 menit tapi 13 jam lebih alias hampir 14 jam! Kok bisa? 

Peter terjebak dalam mobilnya Cadillac XLR Roadster 2006 yang berbasiskan Chevrolet Corvette beberapa waktu lalu seperti yang diberitakan oleh Washington Post. Kejadian ini terjadi di Cleveland Amerika sono, dimana ia berusaha untuk jalan-jalan dengan mobil yang jarang dia kendarai tersebut tanpa memberi tahu siapapun dan apesnya juga tanpa membawa hp.

Ketika masuk mobil, tutup pintu dan mencoba menyalakan mobilnya, ternyata tidak bisa hidup akibat akinya soak. Peter berusaha untuk membuka pintu yang sudah ditutup ternyata juga tidak bisa karena berupa pintu elektrik. Apesnya lagi, baterai remote mobil juga habis sehingga tidak bisa digunakan. Segala upaya seperti berteriak, menendang, memukul jendela mobil dan lain-lain tidak berhasil membuatnya keluar.

Cadillac XLR Roadster

Cadillac XLR Roadster

Setelah hampir 13 jam, akhirnya tetangganya menemukan Peter sudah dalam keadaan lemas di dalam mobil Cadillac-nya yang kemudian menghubungi 911. Akhirnya Peter berhasil diselamatkan setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Menurut GM, pintu elektrik pada Cadillac sebenarnya memiliki tuas pembuka manual yang terletak di bagian bawah di sebelah masing-masing kursi/jok. Sayangnya Peter tidak pernah membaca owner manual tersebut sehingga tidak mengetahui jika ada tuas tersebut.

Tuas pembuka pintu (manual)

Tuas pembuka pintu (manual)

Peter selamat, namun ini tidak terjadi pada James Roger (72 tahun) dan anjingnya yang juga terjebak dalam mobil Corvette-nya (yang satu basis dengan Cadillac) di tahun 2015 lalu akibat aki mobilnya mati.

Dan banyak memang hal-hal sepele seperti ini yang sering terjadi. Sering kan kita mendengar seseorang yang tidak tahu cara membuka tutup bensin di mobil tertentu gara-gara tidak bertanya atau tidak membaca owner manual? Bahkan di grup-grup facebook juga banyak lho yang menanyakan interval ganti oli, cara reset trip meter, dll. Konyol bukan?

So, dengan kejadian seperti ini alangkah baiknya jika kita membaca owner manual. Selain lebih mengetahui tentang seluk-beluk kendaraannya juga menghindari hal-hal sepele namun berbahaya.

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.