Bugatti Divo Dibuat Untuk Melibas Tikungan, Terbatas Hanya 40 Unit

Bugatti baru saja merilis Divo di California, hypercar terbarunya yang mengambil basis dari Bugatti Chiron. Nama Divo diambil dari nama pembalap Prancis, Albert Divo yang telah memenangkan balapan Targa Florio dua kali di akhir tahun 1920-an bersama Bugatti.

Bugatti Divo

Bugatti Divo

Bisa dibilang, Bugatti Divo merupakan hypercar paling ‘ekstrim’ yang dibuat oleh perusahaan Perancis ini. Kenapa? Walaupun kecepatan maksimalnya lebih rendah sekitar 25 mph atau 40 kph dari Chiron, namun Divo bisa lebih ngebut dari Chiron di Sirkuit. Ya, Divo telah dites di Nardo Handling Circuit dan berhasil mengalahkan Chiron dengan waktu 8 detik lebih cepat! 

“Divo memiliki kinerja signifikan lebih tinggi dalam hal percepatan lateral, kelincahan dan melibas tikungan. Divo memang dibuat untuk tikungan,” ungkap Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti.

Mesin Bugatti Divo, masih sama dengan Chiron

Mesin Bugatti Divo, masih sama dengan Chiron

Mesin Bugatti Divo memang sama dengan mesin Chiron, yaitu mesin W16 8.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 1500 ps atau sekitar 1.479 hp. Walaupun kecepatannya dibatasi 236 mph atau 380 kph (Chiron 261 mph/420 kph), namun Divo memiliki kelebihan handling yang jauh lebih baik dari Chiron. Secara gampangnya, Divo lebih ringan, lincah, dan downforce lebih tinggi dari Chiron sehingga lebih mudah untuk melibas tikungan.

Piranti pengereman juga mendapatkan update dari Chiron. Jelas saja, untuk menikung lebih baik pasti dibutuhkan pengereman yang lebih mumpuni. Untuk memastikan rem tidak terlalu panas, Bugatti menerapkan sumber pendinginan baru yaitu 4 aliran udara di setiap sisi Divo sebagai pendingin rem, tambahan kipas yang mengarahkan udara langsung ke rem cakram dan juga pelindung panas yang mendorong udara panas keluar melalui roda.

Pengereman Bugatti Divo
Bagian kemudi dan suspensi juga didesain ulang untuk mendukung Divo bermanuver. Bugatti memodifikasi kemudi dan suspensi agar lebih presisi responsnya. Sayangnya Bugatti tidak menyebutkan perubahan yang dilakukan pada suspensi dan kemudi, tetapi mereka memiliki data bahwa perubahan suspensi juga menurunkan berat keseluruhan mobil.

Downforce sangat berarti bagi hypercar dengan power mesin sebesar ini. Untuk itu, Bugatti mendesain aerodinamika Divo dengan sangat baik dan presisi. Banyaknya komponen aerodinamis yang diaplikasikan pada Divo menghasilkan 198 lbs lebih downforce daripada Chiron. Di bagian depan ada air intake yang menurut Bugatti mengurangi luas penampang mobil yang mana juga memastikan peningkatan aliran udara di bagian depan dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Ada juga spoiler depan baru yang mendorong udara ke samping dan sayap di belakang yang lebarnya enam kaki yang bisa menyesuaikan untuk kondisi pengereman dan untuk mode berkendara yang berbeda.

Berat Divo juga lebih enteng dibandingkan Chiron. Roda baru, penutup intercooler dari serat karbon, menghilangkan kompartemen penyimpanan di konsol tengah dan trim pintu, sasis dan suspensi yang dimodifikasi, serta flap diffuser baru secara total menghasilkan berat 77 lbs atau 35 kg lebih ringan dari Chiron. Mantab!

Harga Bugatti Divo tidaklah murah. Untuk hypercar paling kencang dari Perancis ini, Bugatti membanderolnya dengan harga € 5 juta, yang setara dengan uang 84 miliar rupiah, belum lagi pajaknya kalau di Indonesia yang ampun-ampunan hehe, bisa lebih dari 100 juta mungkin ya. Wajar sih, soalnya Bugatti Divo memang snagat eksklusif karena diproduksi hanya 40 unit!

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Bugatti Divo Dibuat Untuk Melibas Tikungan, Terbatas Hanya 40 Unit

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.