Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Batam, Yuk Segera ke Samsat!

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor kembali digelar di Batam. Dan bukan hanya di Batam saja sebenarnya, melainkan juga di seluruh Samsat yang ada di propinsi Kepri dimana semua denda pajak kendaraan bermotor akan dihapuskan selama program ini dijalankan.

Samsat Batam Center

Samsat Batam Center

Program ini sendiri digelar dalam periode 1 Mei hingga 31 Agustus mendatang, jadi total selama 4 bulan akan digelar. Yang lebih menggembirakan, bukan hanya penghapuan denda pajak saja melainkan satu paket dengan program-program lainnya, yaitu: 

  1. Pembebasan atau penghapusan denda kendaraan bermotor baik motor maupun mobil
  2. Keringanan tunggakan pokok pajak atau baha sa gampangnya “diskon” 50% bagi pajak yang tertunggak
  3. Pembebasan Bea balik nama alias gratis

Masih bingung dengan program ini. Agar lebih mudah, berikut saya berikan contoh.

Misalnya motor kita sudah 3 tahun tidak bayar pajak atau sejak 2015 tidak bayar pajak, dengan besarnya pajak sebesar 150.000 rupiah per tahun, maka jika kita bayar pajaknya sekarang hanya mengeluarkan uang sebesar (silakan dijumlah sendiri hehe):

  • Pajak tahun 2018 bayar penuh alias 150.000 rupiah
  • Pajak tahun 2015 – 2017 bayar separo atau diskon 50% menjadi = 3 tahun x 75.000 = 225.000 rupiah
  • Denda Pajak tidak ada alias nol rupiah
  • Bea Jasa Raharja atau SWDKLLJ, untuk motor 35 ribu, mobil 143.000 rupiah
Pemutihan Pajak Batam 2018

Pemutihan Pajak 2018 untuk Kepri

Nah apa saja syaratnya? Mudah banget, hanya perlu membawa beberapa dokumen berikut ini langsung ke kantor Samsat, yaitu:

  1. e-KTP
  2. STNK Asli
  3. BPKB Asli dan motor untuk cek fisik (untuk balik nama dan ganti STNK)
  4. Fotokopi KK
  5. Mengisi formulir yang tersedia di seluruh Samsat di Kepri

Mudah banget kan? Punya motor atau mobil yang sudah mati pajaknya? Atau kendaraannya belum dibalik nama? Segera ke Samsat secepatnya!

 

Related Post

Advertisements

20 comments on “Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Batam, Yuk Segera ke Samsat!

  1. Misalkan saya punya motor atas Nama orang lain, pajak habis bulan Januari, apakah saya juga bayar pajak yg baru kalau saya balik Nama bulan ini? Terima kasih

  2. Misalkan saya punya motor atas Nama orang lain, pajak habis bulan Januari, apakah saya juga bayar pajak yg baru kalau saya balik Nama bulan ini? Terima kasih

  3. Saya beli motor second dan pajaknya mati.. saya bekerja di slh satu PT. Di muka kuning tapi saya rekrutan bkn penduduk asli batam. Apakah kebijakan ini berlaku juga buat saya???

  4. Mohon maaf sebelum nya. Di polda untuk motor masih di kenakan biyaya 225000. mohon pencerahannya katanya gratis biyaya balik nama

  5. Min, katanya bea balik nm gratis, tp setelah kita dtg kePolda kok ttp byr 375rb( roda 4) dan 225rb ( roda 2) dan lg untk pengambilian STNK disamsat nanti kita surh byr lg, yg bnr info yg mn ini, bnran gratis BBN ap engak…??

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.