First Impression dan Review Singkat All New Honda PCX, Memang Keren dan Nyaman!

Motor ini telah resmi dilauching Capella Honda di Kepri Mall tanggal 25 Maret 2018 lalu. Beruntung saya bisa mencicipi matik premium ini lebih dulu. Dan bukan hanya melihat dan ambil foto, tapi juga tes ride putar-putar Kepri Mall yang parkirannya lumayan luas. Baca jugaResmi Mengaspal di Batam, All New Honda PCX Langsung Jadi Rebutan

Glamour Gold (Emas) ini benar-benar menggoda

All New PCX Glamour Gold (Emas)

Melihat harga dan desainnya yang ciamik, tak heran kalau motor ini laris manis. Di Batam saja, motor ini sudah inden panjang, hingga lebih dari 100 unit konsumen yang harus inden. Nah, mau tahu seperti apa impresi saya dan bagimana rasanya naik motor skutik premium ini? Siapin dulu camilannya ya…

First Impression

Melihat motor ini dipajang di atrium Kepri Mall, saya langsung jatuh cinta pada motor ini. Sayang dompet belum bisa diajak kerja sama buat bawa pulang si PCX ini :mrgreen:

Terutama kalau motor ini dilihat dari belakang, ouchhh so sexy dengan bentuk X di lampu belakangnya. Elegan banget… apalagi stang All New PCX ini masih mempertahankan setang telanjang, makin membuat kesan premium di motor ini. 

All New PCX Putih

Dari sisi ini, All New PCX terlihat elegan banget

Ban motor ini kini hadir dengan lebih gambot dibandingkan dengan PCX CBU. Jelas selain membuat tampilan lebih gagah dan mewah, handling motor juga akan lebih enak. Nanti kita coba buktikan saat test ride.

Secara keseluruhan, desain motor ini memang ajib banget dari depan hingga belakang, mengalir dengan lekuk-lekuh indah nan mewah. Lampu depan yang sipit tapi memanjang naik ke atas membuat kesan mewah lebih terpancar dari motor ini. Lihat saja waktu headlamp motor ini menyala… byuh kereeenn! Pohon duit mana? 😀

Yuk, sekarang kita coba motor ini di luar… apakah benar motor ini nyaman dikendarai?

Ergonomi

Yang namanya motor skutik itu salah satu syarat utamanya adalah nyaman dikendarai. Kalau tidak nyaman, apa bedanya dengan naik motor sport yang pastinya lebih bikin pegel? Dan All New PCX memberikan ergonomi sebuah motor matik itu. Joknya juga enak, tidak keras dan garis jahitannya menbuatnya main terlihat mewah.

All New PCX - Benar-benar mewah

All New PCX – Benar-benar mewah

Walaupun body-nya bongsor, namun motor ini terasa ringan banget. Saya coba tarik standar tengahnya, dan eittsss… ringan banget, jauh lebih ringan dari motor matik di rumah. Dengan tinggi 170 cm, kaki saya menapak tanah dengan cukup sempurna, hal ini karena ditunjang dengan jok yang pas dan tidak terlalu lebar. Apalagi stang telanjangnya lumayan tinggi, jadi terasa pas saja bagi saya.

Nyobain All New Honda PCX Hitam

Erogomi All New Honda PCX pas dengan tingi 170cm

Handling

Saya yang terbiasa menggunakan matik bongsor 150cc cukup kaget juga dengan handling motor ini. Benar-benar ringan dan enak dipakai meliuk-liuk mengikuti cone yang disiapkan, terasa nurut saja. Namun karena memang tempatnya agak terbatas jadi belum bisa saya simpulkan bagaimana handlingnya di kecepatan tinggi. Semoga ada kesempatan nanti untuk menggali lebih jauh.

Enak dipakai meliuk-liuk gini

Enak dipakai meliuk-liuk gini

Tapi saya yakin, handling All New PCX benar-benar tidak mengecewakan. Two thumbs up

Kenyamanan

Nah ini yang saya cari. Kalau bagi saya, naik motor matik apalagi matik gambot premium seperti All New PCX ini jelas kenyamanannya yang saya cari. Jikapun kebetulan handling dan performanya ok, itulah bonusnya.

All New PCX tidak seperti motor matik saya yang lumayan kurang nyaman di suspensinya. All New PCX menawarkan suspensi yang empuk, apalagi suspensi depan. Sementara suspensi belakang juga lebih nyaman walaupun dipakai di jalanan keriting. Bagaimana jika dipakai berboncengan?

Boncengan dengan kang Irfan, tetep nyaman... lihat posisi kaki saya

Boncengan dengan kang Irfan, tetep nyaman… lihat posisi kaki saya

Ketika saya membonceng kang Irfan thegreenblog yang lumayan sehat badannya (saya nggak bilang gemuk lho ya), shock belakang tidak ambles. Dipakai meliuk-liuk melewati cone serta “ngebut” 60 km/jam juga masih nyaman. Sementara ketika saya berada di jok belakang sebagai pembonceng, pertama yang saya rasakan adalah lebar jok yang pas alias tidak terlalu ngangkang. Beda dengan motor matik saya di rumah yang agak ngangkang. Pas buat ibu hamil juga nih hehe…

Performa Mesin

All New PCX dibekali mesin 4-tak 150 cc SOHC liquid cooled yang mampu mengeluarkan tenaga 14,5 hp dan torsi 13,2 Nm. Di atas kertas angka ini tidak se-wah matik tetangga. Namun ketika saya coba ‘tarik’ gasnya dalam-dalam, motor ini tetap ngacir. Memang tidak sengacir tetangga sebelah, tapi performanya cukup bisa diandalkan. Dan ternyata, setelah dicoba beberapa kali, motor ini akan lebih responsif jika tarikan gasnya tidak gaspol, tetapi ditarik secukupnya saja. Tapi ya itu tadi, keterbatasan area membuat saya hanya bisa gaspol hingga sekitar 60 km/jam saja…

Mesin 150cc eSP All New PCX, sangat bisa diandalkan

Mesin 150cc eSP All New PCX, sangat bisa diandalkan

Bagaimana dengan performa rem ABS-nya?

Ya, saya mencoba All New PCX ABS, karena memang yang paling laris di Kepri adalah yang tipe ABS. All New PCX juga dilengkapi dengan rem cakram depan dan belakang. Jadi, soal pengereman ga usah ditanya deh. Pakem bener dari sekitar 60 km/jam hingga berhenti. Dan yang pasti, saya coba rem depan saja pun, cakramnya tidak ngunci… jelas karena sistem ABS-nya bekerja dengan sangat baik.

Performa rem depan juoss, tanpa ngunci karena sudah ABS

Performa rem depan juoss, tanpa ngunci karena sudah ABS

So, kesimpulannya gimana?

Walaupun hanya terbatas waktu dan treknya, saya sudah mendapatkan gambaran bagaimana motor ini sebenarnya. Desainnya yang mewah dengan body gambot, tidak menghalangi motor ini untuk tampil responsif dengan handling yang mantab dan nyaman dikendarai.

Pros:

  • Desain mewah banget
  • Fitur paling lengkap di kelasnya, speedometer lengkap, smart key, all LED lamp, dll
  • Bobot berat tapi ringan, terutama ketika pakai standar tengah
  • Jok pas dan tidak terlalu lebar
  • Suspensi nyaman, lebih nyaman dari tetangga (terutama pre-facelift)
  • Rem pakem
  • Handling mantab, enak buat meliuk-liuk
  • Konsumsi BBM (harusnya) irit… nanti semoga bisa dites konsumsi BBMnya

Cons:

  • Performa mesin mesti ditingkatkan lagi, walaupun jelas bagi saya tidak masalah karena saya mencari kenyamanan
  • Rem ABS lebih baik diupgrade ke dual channel, biar sekalian ga nanggung dan tentunya lebih aman tanpa ngepot
  • Apalagi ya… belum nemu 😀

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “First Impression dan Review Singkat All New Honda PCX, Memang Keren dan Nyaman!

  1. Pingback: Gathering Nasional Honda PCX Club Indonesia 2018, Para Pecinta Honda PCX Kumpul Bareng di Baturaden | MivecBlog.com

  2. Pingback: City Rolling Bersama All New PCX, Konsumsi BBMnya Tembus 51 km/liter! | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.