Buntut Insiden Mobil Tanpa Sopir Uber, Toyota Juga Turut Hentikan Tes Mobil Autonomousnya

Kecelakaan yang menimpa mobil autonomous atau mobil otonom milik Uber di Arizona beberapa waktu lalu dan mengakibatkan tewasnya seorang pejalan kaki, membuat Uber harus menghentikan sementara pengujian mobil tanpa sopirnya. Baca jugaDuh, Wanita Ini Tertabrak Mobil Autonomous Uber Yang Sedang Diuji Jalan

Mobil Otonom Toyota

Mobil Otonom Toyota

Kini Toyota juga mengambil langkah serupa dengan Uber, dimana proyek mobil otonomnya Chauffeur juga sementara dihentikan pengujiannya. Kenapa? 

Dalam sebuah berita yang saya kutip dari Bloomberg, keputusan ini diambil untuk menjaga kondisi kesehatan dan kestabilan emosi test drivernya, yang juga duduk di belakang kemudi ketika pengujian.

“Kami (Toyota) merasa kejadian Uber tersebut akan memiliki efek emosional pada test driver kami, sehingga kami memutuskan untuk menghentikan sementara pengujian mode Chauffeur kami di jalan umum,” ungkap juru bicara Toyota, Brian Lyons.

Namun, belum diungkapkan kapan pengujian mobil tanpa sopir ini akan dilanjutkan kembali. Saat ini Toyota memang tengah melakukan pengujian mobil otonomnya di daerah Michigan dan California.

Chauffeur, Mobil otonom Toyota

Chauffeur, Mobil otonom Toyota

Kecelakaan fatal mobil otonom Uber ini sendiri terjadi beberapa hari setelah pembicaraan kesepakatan kerjasama antara Toyota dan Uber untuk mobil-mobil otonomnya, walaupun belum diketahui detailnya.

Bagaimana dengan Honda dan Nissan?

Perlu diketahui bahwa Nissan dan Honda juga telah menguji mobil-mobil tanpa sopirnya. Namun perwakilan Nissan Motor Co dan Honda Motor Co menolak berkomentar tentang kecelakaan mobil otonom Uber di Arizona.

Tahun ini Nissan telah menguji layanan mobil taksi otonom di jalan umum di Jepang dimana nantinya dijadwalkan akan mulai resmi beroperasi pada tahun 2020. Pengujian ini melibatkan seorang driver yang stand by di belakang kemudi dan seorang teknisi di kursi belakang untuk mengontrol sistemnya. Selain di Jepang, Nissan juga menguji kendaraan otonom di jalan umum di Eropa dan Amerika dan akan resmi dilempar ke pasar pada tahun 2022.

Sementara untuk Honda juga sudah berkomunikasi dengan Waymo, unit mobil otonom dari Alphabet Inc., untuk menempatkan teknologi self-driving-nya ke beberapa mobil Honda. Rencananya, setelah pengujian selesai akan diperkenalkan ke pasar pada tahun 2025.

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s