Duh, Wanita Ini Tertabrak Mobil Autonomous Uber Yang Sedang Diuji Jalan

Uber telah menghentikan sementara program pengetesan untuk mobil autonomousnya (mobil tanpa pengemudi) di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan oleh satu insiden tewasnya seorang wanita di Amerika setelah tertabrak oleh mobil autonomousnya.

Volvo XC90

Mobil Autonomous Volvo XC90

Wanita tersebut bernama Elaine Herzberg yang berumur 49 tahun yang tertabrak ketika sedang menyeberang jalan di kota Tempe, Arizona hari Minggu lalu. Sebuah mobil autonomous Volvo XC90 yang sedang dites dengan pengemudi stand by dibelakangnya menabraknya sehingga menyebabkan cedera yang cukup parah. Elaine akhirnya meninggal di rumah sakit. Dari Polisi diketahui bahwa saat itu Elaine tidak menyeberang lewat “pedestrian crossing”. 

Insiden ini merupakan pertama kalinya sebuah mobil autonomous menyebabkan seorang pejalan kaki meninggal dunia. Namun Uber menyatakan akan bekerjasama dengan pihak berwajib untuk masalah ini.

Our hearts go out to the victim’s family. We’re fully cooperating with @TempePolice and local authorities as they investigate this incident.

— Uber Comms (@Uber_Comms) March 19, 2018

Saat ini Uber memang tengah mengetes mobil autonomousnya di berbagai negara bagian, seperti Pittsburgh, San Francisco dan Toronto. Dan memang sebelum kejadian ini, mobil autonomous Uber juga pernah mengalami kecelakaan.

Maret tahun 2017 lalu, mobil testing XC90 juga mengalami insiden tabrakan dengan mobil lain hingga terbalik, juga di kota Tempe (maaf, beneran nih namanya Tempe?). Atas kejadian tersebut, pengujian mobil autonomous juga sempat dihentikan sementara.

Mobil tanpa pengemudi Google

Mobil tanpa pengemudi Google

Dengan adanya kecelakaan ini, menjadi pengingat kita bahwa sepertinya memang belum saatnya mobil tanpa pengemudi ini diproduksi massal. Masih banyak yang harus dibenahi dan dipersiapkan. Kalau perlu, pengetesan harus dilakukan berlipat-lipat lebih berat, baik kondisi jalan maupun berbagai kultur lalu lintas di berbagai negara.

 

Related Post

 

Advertisements

3 comments on “Duh, Wanita Ini Tertabrak Mobil Autonomous Uber Yang Sedang Diuji Jalan

  1. Pingback: Buntut Insiden Mobil Tanpa Sopir Uber, Toyota Juga Turut Hentikan Tes Mobil Autonomousnya | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.