Xpander Akhirnya Bungkam Avanza, Tapi Apakah Akan Seperti Calya?

Pada bulan Agustus 2016 lalu, kejayaan Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia pernah dikudeta oleh saudaranya, Toyota Calya. Tapi ternyata Calya hanya mampu menduduki tahta mobil terlaris di Idnonesia selama 3 bulan saja. Bulan November 2016 hingga Januari 2018 kemarin, Avanza tetap kokoh merajai tahta mobil terlaris Indonesia.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander, Laris!

Baca juga:

Kini, penjualan Avanza kembali dikudeta oleh idola baru Mitsubishi Xpander. Setelah bulan Januari 2018 kemarin Avanza dipepet Xpander, kini Xpander benar-benar menumbangkan Avanza sebagai mobil Low MPV terlaris di Indonesia. 

Berdasarkan data Gaikindo yang dipublish oleh CNNIndonesia, Toyota Avanza hanya terjual sebanyak 6.773 unit di Februari 2018, turun dari penjualan Januari 2018 sebanyak 7.543 unit. Sementara Xpander berhasil menembus angka 7.400 unit, naik dari bulan sebelumnya yang “hanya” 7.079 unit.

Data Penjualan Xpander

Data Penjualan Xpander yang semakin naik

Namun apakah kesuksesan Xpander ini akan terus bertahan? Ataukah sama saja dengan nasib Calya yang hanya bertahan sebentar?

Kalau menurut saya, hasil ini masih belum final. Xpander masih belum menjadi raja sesungguhnya karena saat ini Xpander masih dalam masa euphoria. Berapapun produksi Xpander bahkan mencapai puluhan ribu juga akan tetap terserap pasar karena jumlah inden yang begitu banyak hingga puluhan ribu. Namun setelah masa inden berakhir? Akankah sama kasusnya dengan Calya, Ertiga dan Mobilio…

Sementara Avanza tidak ada inden-indenan. Jumlah produksi dari Toyota jelas akan menyesuaikan dengan permintaan pasar, yang pastinya tetap tinggi. Apalagi sepertinya Avanza masih tetap menjadi mobil andalan untuk operasional kantor ataupun untuk mobil sewaan… apalagi di luar Jawa 🙂

 

Related Post

 

Advertisements

4 comments on “Xpander Akhirnya Bungkam Avanza, Tapi Apakah Akan Seperti Calya?

  1. Pingback: Lagi, Avanza Harus Takluk dari Xpander di Bulan Maret 2018 | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.