Vietnam Akan Miliki Mobil Sendiri dengan Menggandeng Pininfarina?

Pininfarina atau Carozzeria Pininfarina tentunya tidak asing lagi bagi pecinta dunia otomotif. Rumah desain asal Italia ini pernah menjadi langganan pabrikan mobil Eropa seperti Ferrari, Maserati, Roll-Royce dan banyak lagi lainnya untuk membuat desain bagi mobil-mobilnya. Pininfarina kini telah diakuisisi oleh Mahindra Group, perusahaan otomotif asal India.

Ferrari 458 Italia, salah satu hasil dari Pininfarina

Ferrari 458 Italia, salah satu hasil desain dari Pininfarina

Baru-baru ini, perusahaan asal Vietnam, VinFast telah bekerja sama dengan Pininfarina untuk membuatkan desain calon mobil mereka, yang berupa sebuah sedan dan SUV. Jika menjadi kenyataan, maka VinFast akan menjadi merek otomotif pertama Vietnam yang melahirkan mobil asli Vietnam yang rencananya akan diluncurkan pada bulan September 2019. 

Dan jika lancar dan berjalan sesuai rencana, produksi massal dari mobil Vietnam ini akan dimulai di tahun 2025 sebanyak 500.000 unit! Indonesia kapan?

Sebanyak 20 desain dari berbagai rumah desain telah diajukan ke VinFast untuk mobil Vietnam ini. Setelah melalui voting dari 62.000 responden, dipilihlah 2 desain dari Pininfarina yang dianggap sesuai dengan selera Vietnam dan juga menjadi tren di dunia.

Desain VinFast Sedan

Desain VinFast Sedan

Dua konsep desain tersebut adalah sebuah sedan stylish dengan lampu depan LED yang sipit dan huruf V sebagai identitasnya. Kalau saya lihat sih agak-agak mirip dengan desain sedan BMW.

Desain VinFast SUV

Desain VinFast SUV

Kemudian untuk desain SUV-nya juga memiliki desain fascia yang mirip dengan versi sedan, namun lebih gagah dan agresif. Fender yang kekar dan tambahan roof rail kecil di atas menjadikan desain mobil ini terlihat gahar.

Akankah proyek ini sukses dan menjadi mobil pertama buatan Vietnam? Sementara Indonesia masih bingung mau kemana, Vietnam justru sudah mencuri start untuk memproduksi mobil pertamanya…

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Vietnam Akan Miliki Mobil Sendiri dengan Menggandeng Pininfarina?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.