Hyundai Kembangkan Airbag untuk Panoramic Roof

Panoramic roof sedang menjadi tren saat ini di mobil-mobil menengah atas. Siapa sih yang tidak tergiur dengan pemandangan memukau dari dalam mobil lewat panoramic roof ini?

Tapi, bagaimana seandainya mobil dengan panoramic roof mengalami kecelakaan bahkan hingga sampai mobil terguling? Adakah yang melindungi penumpang dari cedera akibat pecahnya panoramic roof ini? Saat ini belum ada panoramic roof yang diberi fitur airbag untuk melindungi penumpang ketika terjadi kecelakaan, dan Hyundai-pun tergerak untuk menyematkan piranti keselamatan ini pada mobil-mobilnya.

Panoramic Roof

Panoramic Roof

Perusahan keselamatan seperti ZF dan TRW sebenarnya juga mengembangkan airbag di area atap mobil. Namun airbag yang dikembangkan mereka lebih mengarah untuk menggantikan airbag yang keluar dari setir dan dashborad dengan airbag yang keluar dari atap, bukan untuk melindungi area atas penumpang. 

Sementara, panoramic airbag ini dikembangkan oleh Hyundai Mobis, yang merupakan anak perusahaan Hyundai Automobile. Airbag ini akan sangat berguna ketika mobil kecelakaan dan terguling. Hasil pengetesan internal menunjukkan bahwa airbag ini akan mengurangi dampak signifikan pada kepala akibat mobil terguling.

Panoramic Roof Airbag Hyundai

Panoramic Roof Airbag Hyundai

Airbag ini dipasang diantara kaca dan sunshield untuk memastikan bahwa airbag akan mengembang dalam keadaan apapun, baik saat panoramic roof terbuka ataupun tertutup. Waktu yang dibutuhkan untuk mengembang juga sangat cepat. Ketika sensor mendeteksi adanya benturan, maka airbag akan segera mengembang menutupi seluruh area panoramic roof dalam waktu 0.08 detik saja.

Panoramic Roof Airbag Hyundai

Panoramic Roof Airbag Hyundai Ketika Mengembang

Sistem ini diharapkan tersedia pada awal 2019 dan kemungkinan besar akan melakukan debut pada model seperti Hyundai Genesis dan Crossover Kona yang baru. Ini baru mantab, walaupun harganya jelas makin tinggi :mrgreen:

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.