Lamborghini Urus Resmi Dilaunching, Jadi SUV Lambo Pertama Sejak 1992

Lamborghini akhirnya merilis secara resmi SUV terbarunya, Lamborghini Urus. Mobil ini menjadi satu-satunya mobil SUV yang diproduksi Lamborghini sejak SUV LM-002 berhenti produksi tahun 1992 (CMIIW). Nama Urus diambil dari banteng Spanyol yang juga dikenal sebagai Aurochs, yaitu banteng lokal yang besar dan liar.

Baca jugaTeledor, Lamborghini Urus Akhirnya Terungkap Wujudnya

Launching Lamborghini Urus

Lamborghini Urus

Lamborghini Urus dilaunching kemarin tanggal 4 Desember 2017 di Italia, tepatnya di Sant’ Agata, pabrik Lamborghini. Berbekal mesin 4.000 cc V8 Twin Turbo, mobil ini mampu melontarkan tenaga 650 hp dan torsi 850 Nm yang membuat SUV gahar ini melaju dari 0 – 100 kmh hanya dalam 3,6 detik dan top speed 190 mph atau 305 kmh. Urus juga dilengkapi dengan transmisi otomatis 8 percepatan dengan sistem penggerak empat roda. 

Berkat penggunaan aluminium dalam konstruksinya, bobot mobil ini hanya 2,2 ton yang menawarkan power to weight ratio terbaik di kelasnya. Tidak hanya bisa mencapai 100 kmh dalam 3,6 detik, tapi juga bisa mencapai 200 kph hanya dalam 12,8 detik juga. Dengan kecepatan maksimum mencapai 190 mph, maka status SUV tercepat kini disandang Urus mengalahkan Bentley Bentagya yang hanya mampu melaju hingga 3 mph lebih lambat.

Dashboard Lamborghini Urus

Dashboard Lamborghini Urus

Ngomong-ngomong tentang SUV Lambo, tentu kita akan teringat kembali dengan Lamborghini LM002 yang pernah di produksi Lamborghini tahun 1986 hingga 1992.

Namun, sebenarnya sejarah SUV Lamborghini tidak dimulai dari LM002, melainkan Lamborghini Cheetah yang mulai diperkenalkan tahun 1977. Cheetah masih berupa prototype pesanan militer Amerika namun tidak pernah masuk jalur produksi karena Cheetah tidah berhasil memenuhi requirement dari militer Amerika. Cheetah memiliki mesin 5.9-liter Chrysler V8 engine dengan 3 speed transmisi otomatis yang menghasilkan tenaga hanya 180 hp. Tenaga ini jelas tidak cukup untuk kendaraan militer, apalagi bobot Cheetah mencapai lebih dari 2 ton dan juga pengendaliannya yang buruk akibat mesin ditaruh dibagian belakang yang langsung dihubungkan dengan roda belakang.

Lamborghini Cheetah Prototype

Lamborghini Cheetah Prototype

Akibatnya Lamborghini kemudian mengeluarkan LM001 di awal 80-an. Lamborghini LM001 menampakkan diri pertama kali di ajang Geneva Motor Show tahun 1981 sebagai sebuah evolusi dari Cheetah, benarkah? LM001 menggunakan mesin AMC V8 5,9 liter dengan tenaga yang masih sama dengan Cheetah, 180 hp. Parahnya lagi, mesinnya juga masih diletakkan di belakang dengan karakter handling yang juga masih payah. Nasib LM001 akhirnya juga sama dengan Cheetah, tidak pernah masuk ke jalur produksi.

Lamborghini LM001 Prototype

Lamborghini LM001 Prototype

Setahun kemudian, Lamborghini memperkenalkan LM002 di Geneva. Iyesss… kini LM002 menggunakan mesin V12 yang berada di depan. LM002 menggunakan mesin V12 5.2 liter yang memproduksi tenaga 450 hp dan mampu melaju 0 – 100 kmh dalam waktu 7.8 detik hingga mencapai top speed 210 kmh.

Lamborghini LM002

Lamborghini LM002

Karena perubahan posisi mesin ini, LM002 memiliki bobot 500 kg lebih berat dibandingkan LM001 karena harus merubah chasisnya menjadi multi-tubular steel space frame dengan tambahan power steering. Transmisi otomatis juga digantikan dengan transmisi manual 5 percepatan. LM002 akhirnya menjadi SUV pertama Lamborghini yang diproduksi massal mulai tahun 1986 dan melakukan debut pertamanya di Brussel Auto Show 1986 dan kemudian berakhir tahun 1992.

Dan setelah 25 tahun, akhirnya kemarin lahirlah Lamborghini Urus, penerus generasi super SUV yang tangguh dari Lamborghini. Urus juga dilengkapi dengan mode berkendara yang sangat lengkap yang disebut Tamburo dengan berbagai mode pilihan seperti Strada, Sport dan Corsa serta Neve (Salju). Selain itu juga ada pilihan untuk offroad seperti Terra (off-road) dan Sabbia (pasir).

Yukk beli 😀

 

Related Post

 

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s