Bedah Teknologi Honda CRF150L Bersama Jurnalis, Blogger dan Vlogger. Ternyata Beda Banget Mesin CRF150L dengan Verza

PT. Capella Dinamik Nusantara (CDN) menggelar bedah teknologi Honda bersama rekan-rekan jurnalis, blogger dan vlogger. Event ini diselenggarakan hari Minggu kemarin, 26 November 2017 di MyGarden Cafe Batam, tempat yang cozy banget untuk hang out dan ngopi santai di sore hari.

My Garden Cafe Batam

My Garden Cafe Batam

Suasana yang santai ala taman-taman di Eropa sangat pas dengan agenda kali ini yang juga dikemas dengan sangat santai. Setelah ngobrol dan ngopi di sore hari, acara workshop bedah teknologi yang dikhususkan pada Honda CRF150L dimulai setelah magrib. Pembahasan materi mengenai seluk-beluk CRF150L dikupas disini mulai dari desain, segmen pasar, spesifikasi, keunggulan, perbandingan dengan kompetitor hingga harga dan DP hehe…

Sebelum masuk ke segmentasi Honda CRF150L, kita bahas dulu bagaimana sih segmentasi di motor trail itu? 

Pak Puji memberikan penjelasan detail mengenai CRF150L

Pak Puji memberikan penjelasan detail mengenai CRF150L

Pada dasarnya Trail Bike atau motor trail dibagi menjadi 2 segmen, yaitu Legal dan Non Legal.

  • Non Legal dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu Motocross dan Enduro. Trail bike untuk non legal biasanya tidak lengkap partnya seperti tidak adanya spion, stoplamp dan headlamp. Kedua type motor ini biasanya menggunakan special engine dan special frame untuk kompetisi.
  • Legal juga dibagi menjadi 2, yaitu Dual Sport dan Supermoto. Kedua type motor ini menggunakan semua kelengkapan untuk dipakai di jalan umum, seperti spion, lampu, klakson dan spedometer. Dual sport menggunakan ban offroad atau ban tahu dan ukuran velg 16 – 19 atau 18 – 21 sementara Supermoto menggunakan ban biasa.

Jadi untuk CRF150L di Indonesia merupakan motor dual purpose dimana L di belakang berarti LEGAL. Otomatis semua kelengkapan berkendara ada, mulai dari dudukan plat nomor, spion hingga lampu-lampu. CRF150L menjadi motor adventure entry level di bawah CRF250 Rally dan CRF1000L Twin Africa.

Honda CRF150L

Honda CRF150L

Ok, balik lagi ke bedah teknologi CRF150L. Menurut Pak Johandi dan Pak Puji yang memandu acara bedah teknologi ini, Honda CRF150L didesain dengan persiapan yang sangat matang. Perlu waktu sekitar 7 tahun bagi Honda untuk bisa meng-grab semua keinginan konsumen yang kemudian diwujudkan dalam satu wujud motor dual purpose ini. Yang jelas, motor ini di desain dengan menyesuaikan kondisi dan postur biker di Indonesia.

Apa yang paling menarik?

Tentu saja mengenai mesin Honda CRF150L dimana banyak yang mengira bahwa motor ini menggunakan mesin milik Honda Verza. Benarkah?

Salah besar! Honda CRF150L memang sama-sama menggunakan mesin SOHC 150cc yang terlihat mirip dengan mesin Honda Verza. Tetapi jeroan di dalamnya sangat berbeda, mulai dari cylinder head, camshaft, hingga piston dan masih banyak lagi yang lainnya. Ya piston CRF150L diberikan treatment khusus agar memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan Verza maupun Megapro. Jelas saja, lha wong kerjanya juga dipastikan lebih berat kan?

Meisn Honda CRF150 di GIIAS 2017

Mesin Honda CRF150 di GIIAS 2017

Bagaimana jika dibandingkan dengan Kompetitor?

Seperti tulisan di atas, CRF150L dipersiapkan selama kurang lebih 7 tahun sebelum dilaunching. Tentunya semua kebutuhan konsumen harus terakomodir dan kekurangan-kekurangan dari kompetitor harus mendapatkan solusi disini. Pastinya CRF150L memiliki fitur komplit, mulai dari shock depan upside down, spidometer digital, rem cakram wavy depan belakang, suspensi belakang pro link dengan 9 level setingan, steering handle yang adjustable, rear fender yang plug & play hingga back print stripe yang membuat stripping CRF150L terlihat menyatu dengan cat.

Jadi, walaupun motor ini belum launching di Batam, namun detail motor ini dari fitur hingga jeroannya sudah dipublish ke publik. Mau tahu kapan launchingnya di Batam, stay tune di blog ini. Untuk harga yang jelas sudah pernah saya publish ya, hanya 32,5 juta rupiah OTR Batam. Baca jugaIni Harga Honda CRF150L Batam, Lebih Murah 4 Jutaan dari KLX150

Udah ya… mau barbeque-an dulu nih… laper… 😀

 

Related Post

 

 

Advertisements

3 comments on “Bedah Teknologi Honda CRF150L Bersama Jurnalis, Blogger dan Vlogger. Ternyata Beda Banget Mesin CRF150L dengan Verza

  1. Pingback: Capella Honda Serahkan 7 Unit Perdana CRF150L ke Konsumen, Akhirnya Ngaspal juga di Batam | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s