Perjalanan Mobil Sport Toyota, Dari Celica Menjadi Toyota Supra!

Bicara tentang nama Supra, semua orang di Indonesia pasti tahu dan mengenal betul bagaimana sepak terjang Honda Supra di tanah air, mulai dari Supra, Supra X, Supra Fit, Supra V hingga Supra GTR. Namun bagi car enthusiast, nama Supra menjadi legenda tersendiri karena mobil dengan mesin 2JZ ini masih menjadi idaman para pecinta kecepatan.

Toyota Supra

Toyota Supra — 2JZ-GTE

Nah, bagi saya yang awam, ternyata Supra memiliki sejarah panjang sebelum tenar sampai saat ini. Jadi bagi yang sudah kenal betul dengan Toyota Supra, mending tidak usah dilanjutkan membacanya hehe…

So, bagaimana sih perjalanan mobil sport ikonik dari Jepang ini hingga menghasilkan salah satu mesin monster Made in Japan selain RB26DETT milik Nissan? 

Ya, mungkin banyak yang belum tahu kalau Toyota Supra berawal dari Celica. Beruntung dan lagi-lagi Donut Media telah membuatkan bagaimana perjalanan Toyota Supra sejak lahir hingga saat ini. Sebelumnya Donut Media juga sudah membuatkan video sejarah Nissan GTR dari Skyline generasi pertama hingga GT-R R35. Baca juga: Mau Tahu Evolusi Nissan Skyline GTR? Yuk Tonton Video 2 Menit Ini

Tahun 1978, Toyota Celica XX diperkenalkan dengan mesin 2.0 liter yang memiliki tenaga 110 atau 123 hp tergantung trim-nya. Mobil ini mampu berlari 0 – 60 mph (0 – 96 kmh) dalam waktu 10,2 detik dengan fitur rem cakram di keempat rodanya serta sistem pengkabutan bahan bakar injeksi. Mobil inilah yang merupakan cikal bakal lahirnya Toyota Supra.

Celica Supra

Celica Supra

Kemudian di tahun 1981, Generasi kedua dilahirkan yang disebut Toyota Celica Supra. Celica Supra – dan juga jajaran Celica lainnya – didesain ulang sepenuhnya dengan menggunakan mesin inline-6 cylinder turbo, dan menghasilkan power 145 hp (108 kW) dan 155 pound-feet (210 Nm). Celica Supra ini hanya butuh waktu 9,8 detik untuk negbut dari 0 hingga 60 mph (96 kmh).

Lanjut ke tahun 1986, akhirnya nama Supra dan Celica resmi berpisah. Celica menggunakan layout FWD sementara Supra memilih tetap menggunakan layout RWD. Sebuah mesin baru 200-hp (149 kW) dimasukkan di bawah kap. Pilihan mesin turbo baru diperkenalkan pada tahun 1987. Jika penasaran langung saja lihat video berikut ini.

Desain yang benar-benar baru lahir di tahun 1993 yang disebut dengan Toyota Supra Mk IV. Supra generasi ke-empat ini menggunakan mesin legendaris 2JZ-GTE yang mampu menyemburkan tenaga 276 hp dan torsi 280 Nm, bahkan disediakan pula versi 320 HP yang lebih nendang. Supra generasi ini bisa berlari hingga 60 mph hanya dalam 4,6 detik, dan hingga kini model inilah yang paling digemari para penggemar adu kecepatan, apalagi model ini juga hadir di film Fast & Furious. Model ini kemudian discontinue karena emisi gas buang dan kurangnya peminat.

Supra 2JZ-GTE

Supra 2JZ-GTE

Dan sekarang setelah hampir 40 tahun setelah model awal diperkenalkan, Supra baru sudah diujung cakrawala. Beberapa kali Supra baru ini tertangkap kamera sedang dites baik di jalanan maupun di sirkuit. Supra baru nantinya juga berbagi platform dengan penerus BMW Z4 dengan mesin V6 turbocharged 3,5 liter dan menghasilkan tenaga setidaknya 400 hp (298 kW).

Next Supra 2019?

Next Supra 2019?

NSX baru sudah keluar sementara R35 juga masih setia menunggu. Tinggal Supra, Mazda RX-9 dan Mitsubishi GTO baru yang ditunggu kelahirannya untuk melanjutkan kembali duel di masa lalu… 🙂

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Perjalanan Mobil Sport Toyota, Dari Celica Menjadi Toyota Supra!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s