Perkenalkan Elettrica, Skuter Listrik Pertama dari Vespa

Di ajang EICMA 2016 lalu, Piaggio Group telah menghadirkan sesosok motor skuter konsep yang disebut Elettrica. Skuter ini akan menjadi skuter listrik pertama dari Vespa yang akan dipasarkan di jajaran skuter premiumnya. Vespa Elettrica akan menjadi perpaduan antara estetika tradisional dari merek skuter Italia dan teknologi masa depan yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2018.

Vespa Elettrica

Vespa Elettrica

Kemudian di ajang EICMA 2017 kemarin, Piaggio kembali memamerkan Vespa Elettrica ini yang sudah lengkap dengan spesifikasi teknisnya. Vespa Elettrica membawa unit tenaga motor listrik 2 kW yang mampu memberikan daya secara terus menerus, dan dengan daya puncak pada 4 kW. Vespa mengklaim bahwa Elettrica mencapai performa lebih baik dari skuter 50cc tradisional, terutama dalam hal akselerasi dengan motor listriknya. 

Vespa Elettrica

Vespa Elettrica di EICMA 2017

Vespa Elettrica diklaim mampu berlari sejauh 100 km dengan satu kali charging yang memakan waktu empat jam. Tersedia juga versi Vespa Elettrica X yang akan melipatgandakan rentang jarak tempuhnya menjadi 125 mil atau 201 km dengan menempatkan generator kecil di samping unit daya yang terdiri dari baterai lithium ion. Sistem ini disebut Vespa’s new Kinetic Energy Recovery System atau Sistem Manajemen Energi Kinetik baru Vespa (atau KERS) yang mengisi daya sementara motor melakukan deselerasi.

Vespa Elettrica tampak Samping

Vespa Elettrica tampak Samping

Baterai yang digunakan memiliki lifecycle yang panjang, minimum 1.000 siklus pengisian penuh yang berarti akan menjadi jarak tempuh sekitar 30.000-45.000 mil atau setara dengan 1 dekade penggunaan di dalam kota. Elettrica juga akan menyediakan 2 mode berkendara yaitu ECO dan POWER yang bisa dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Ehh… ada juga lho mode mundur, agar memudahkan saat parkir.

Untuk fiturnya sendiri, Elettrica juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur berteknologi tinggi seperti kunci remote control, layar TFT full-color 4.3 inci sebagai cluster meter, port pengisian USB, dan headlamp full LED. Selain itu juga tersedia konektivitas bluetooth yang memungkinkan pengendara untuk menjawab panggilan, melihat SMS, GPS, dll, berkat Aplikasi Elettrica Vespa dan joystick yang terpasang di setang.

Cluster Meter Vespa Elettrica

Cluster Meter Vespa Elettrica

Selain fitur tersebut, Vespa meluncurkan beberapa penawaran pelengkap, seperti helm berteknologi tinggi Vespa Elettrica (yang hadir dalam warna yang sama dengan Elettrica), dan ransel yang memiliki power bank dan removable back-protector serta add on lainnya seperti alarm elektronik, kunci roda, dan penutup jok.

Well mantab bener nih Vespa Elettrica, kita tunggu saja ya tahun depan… semoga harganya terjangkau hehe…

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Perkenalkan Elettrica, Skuter Listrik Pertama dari Vespa

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s