Yamaha Perkenalkan Motor Listrik E-Vino, Siap-siap Menyambut Era Motor Listrik

Setelah Viar dan Gesits melaunching motor listriknya, kali ini giliran pabrikan dari Jepang, Yamaha yang juga turut memperkenalkan sebuah motor listrik di Indonesia. Pabrikan Jepang lainnya, Honda juga pernah melakukan ujicoba jalan motor listrik EV Neo, walaupun masih belum dilaunching, apalagi dipasarkan di Indonesia.

Kembali lagi ke motor listrik Yamaha. Per hari ini PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) menggelar konferensi pers “Market Trial” sepeda motor listrik Yamaha di daerah Kuningan, Jakarta. Memang bukan launching untuk dipasarkan, melainkan pengenalan sekaligus uji coba motor listrik Yamaha yang disebut dengan E-Vino.

Market Trial Yamaha Electric E-Vino

Market Trial Yamaha Electric E-Vino

Sebagai anak perusahaan Yamaha Motor Company, YIMM memang sedang giat melakukan studi pasar motor listrik di Indonesia. Dan dalam kurun waktu satu bulan ke depan, YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD, akan melakukan uji coba motor listrik Yamaha. Motor listrik tersebut nantinya digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka.

Yamaha Electric

Yamaha Electric

Sebenarnya Yamaha bukan pabrikan yang baru terjun di bidang motor listrik. Sejak tahun 1993, Yamaha Motor sudah mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang “sepeda dengan bantuan elektrik”, telah mendapat posisi di pasar sepeda sebagai genre baru. Penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya. Nah…

Yamaha Electric E-Vino

Yamaha Electric E-Vino

Kemudian di tahun 2002, Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik Yamaha Passol. Kemudian dilanjutkan dengan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

“Market Trial” motor listrik yang dilakukan YIMM ini adalah bentuk dukungan Yamaha kepada pemerintah terkait Program Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan. Ke depannya Yamaha akan menganalisa hasil “Market Trial” ini supaya menghasilkan motor listrik berkualitas untuk konsumen Indonesia. Hadirnya motor listrik Yamaha nanti akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi konsumen. Ini adalah komitmen Yamaha untuk memajukan industri transportasi di Indonesia.

Yamaha Electric E-Vino

Yamaha Electric E-Vino

Dengan dimulainya pabrikan memperkenalkan motor-motor listriknya di Indonesia, berarti dalam waktu dekat motor listrik akan makin banyak berseliweran di jalanan. Era motor listrik (dan mobil listrik) akan segera dimulai. Namun jelas, semua tergantung kebijakan dan sarana pendukung dari pemerintah, serta kita sebagai konsumen, apakah bisa menerima kehadiran kendaraan yang hening ini atau tetap memilih kendaraan bising berbahan bakar fosil?

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s