Bukan Expander, Tetapi Mitsubishi Xpander Namanya. Tenaganya “Cuma” 103 HP!

Mitsubishi XM Concept selama ini kita kenal dengan nama Mitsubishi Expander. Memang nama ini diketahui bukan dari release resmi Mitsubishi, melainkan dari bocoran saja. Namun, lagi-lagi berdasarkan bocoran terbaru, nama dari MPV Mitsubishi ini bukanlah Expander? Lhah… piye to?

Mitsubishi Expander atau Xpander?

Mitsubishi Expander atau Xpander?

Menurut bocoran dari Autonetmagz, nama MPV baru Mitsubishi ini adalah Mitsubishi Xpander. Yups, mirip tetapi berbeda. Secara pelafalan sama, namun secara penulisan jelas beda. Hal ini diketahui dari sebuah karpet mobil yang bertuliskan “Xpander”. 

Karpet Xpander?

Karpet Xpander?

Masih berdasarkan bocoran dari Autonetmagz, Mitsubishi Xpander akan menggunakan mesin 1,5 liter DOHC Mivec. Belum jelas sih jenis mesinnya, apakah seperti bocoran sebelumnya atau bukan. Yang jelas Xpander “hanya” akan memiliki tenaga maksimal 103,2 hp dan torsi 141 Nm dengan perbandingan kompresi 10,5:1. Tenaganya akan disalurkan ke roda depan alias FWD. Tenaga 103 hp ini sebenarnya tidak buruk, tetapi saya tulis “hanya” 103 hp ya karena sebenarnya saya berharap lebih. Kenapa?

Baca juga: 

Namanya juga produk yang keluar paling akhir. Seharusnya Xpander membawa senjata yang lebih mematikan. Berikut ini perbandingan besaran power dan torsi dari Low MPV di Indonesia :

  1. Avanza 1,5 liter 102,5 hp, 136 Nm
  2. Ertiga 90,7 hp, 130 Nm
  3. Grand Livina 109 hp, 143 Nm
  4. Spin 109 hp, 142 Nm
  5. Mobilio 118 hp, 145 Nm
  6. Wuling Confero S 107 hp, 142 Nm
  7. Xpander 103,2 hp, 141 Nm

IMHO sih kalau bisa Xpander jangan hanya mengandalkan desain dan fitur saja, mesin sebenarnya juga perlu diperhatikan. Lihat saja Mobilio dan Ertiga, semuanya memiliki kelebihan masing-masing, tetapi tetap saja tidak mampu bersaing dengan Avanza. Itupun masih berat untuk bersaing dengan Xenia.

Atau Mending Wuling?

Atau Mending Wuling?

Apalagi Mitsubishi yang di Indonesia terkenal dengan mobil penumpangnya yang “payah” alias tidak pernah sukses. Seandainya saja Xpander membawa mesin 1,5 liter dengan tenaga layaknya Mobilio atau bahkan melebihinya, saya rasa komplit sudah senjata Xpander ini.

Namun memang perlu kita nantikan nanti final spesifikasinya. Karena performa mobil bukan hanya dilihat dari besarnya power, melainkan juga torsi, gear ratio, jenis transmisi, dan lain-lain.

Okelah, sekarang setelah bocoran spesifikasi Xpander sudah diketahui, apakah masih minat dengan versi masspro dari Mitsubishi XM Concept ini? Atau #MendingWuling? 😀

 

Related Post

Advertisements

10 comments on “Bukan Expander, Tetapi Mitsubishi Xpander Namanya. Tenaganya “Cuma” 103 HP!

  1. Pingback: Bocoran 6 Varian Mitsubishi Xpander, Tipe Tertinggi Sudah Start Stop Button dan Wood Panel | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s