Data Penjualan City Car Hatchback Non LCGC, Dimana Posisi Ignis?

Suzuki Ignis hadir menantang para pemain lama di kelas mobil 1.200 cc. Walaupun hadir dalam bentuk mini crossover, atau Suzuki menyebutnya dengan Urban SUV, namun tetap saja mobil ini juga terlihat sebagai sebuah city car hatchback. Dilihat dari jumlah peserta test drive di IIMS lalu, memang menunjukkan bahwa mobil ini banyak menarik minat konsumen untuk mendekati, mencoba dan mungkin membeli mobil ini.

Test Drive Suzuki Ignis - Batam

Suzuki Ignis – Batam

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang saya cuplik dari Viva akan kita ketahui bagaimana lakunya Ignis dan juga beberapa mobil city car non LCGC lainnya di Indonesia.

Pemain lama seperti Nissan March, Honda Brio dan Mirage tentunya cukup cemas dengan massivenya promosi dan pemberitaan Ignis. Fitur lengkap dan desain paling eye catching memang membuat Ignis memiliki daya tarik kuat bagi konsumen untuk berpaling. Saya juga termasuk salah satu yang ngiler denga mobil ini hehe… Monggo dibaca review Suzuki Ignis kalau nggak takut ngiler hehehe… Full Review Suzuki Ignis, Urban SUV Keren dan Penuh Fitur

Dan ini terbukti dari Data Gaikindo. Bulan Maret lalu, Ignis hanya terdistribusi sebanyak 91 unit. Wajar mengingat mobil ini belum diluncurkan resmi pada bulan Maret, namun sudah didistribusikan ke dealer. Dan kemudian di bulan April 2017, BOOM! Suzuki Ignis meledak di penjualannya dan meraih angka 2.476 unit! Angka ini 20 kali lipat lebih banyak dari penjualan Nissan March yang hanya terjual 119 unit, dan lebih dari 27 kali lipat lebih banyak dibandingkan Etios Valco yang hanya terjual 89 unit! Berikut data penjualan hatchback Non LCGC bulan April 2017:

  1. Honda Brio RS = 1.212 unit
  2. Toyota Etios Valco = 89 unit
  3. Nissan March = 119 unit
  4. Mitsubishi Mirage = 178 unit
  5. Daihatsu Sirion = 200 unit
  6. Suzuki Ignis = 2.476 unit
  7. Renault Kwid = 0 unit

Bisa jadi ini hanya euforia pasca peluncuran Ignis seperti halnya Suzuki Ertiga beberapa waktu lalu. Namun, bisa juga Ignis memang akan menjadi raja baru di kelas ini karena memang tidak banyak pesaingnya. Toyota kita anggap tidak serius di kelas ini karena ada Agya 1.200 cc di kelas LCGC yang lebih mennjanjikan. By the way, Ignis memang mantab baik di desain, fitur maupun penjualan awalnya.

Data Penjualan City Car non LCGC April 2017

Data Penjualan City Car non LCGC April 2017

Dari data juga terlihat satu kenyataan yang miris bagi Renault Kwid. Kwid sengaja saya masukkan ke list ini karena Ignis juga masuk, keduanya cukup mirip desainnya. Digadang-gadang akan menjadi salah satu mobil murah laris di tanah air ternyata gagal total. Masih dari data Viva, Kwid hanya terdistribusi 14 unit di Januari 2017, kemudian 5 unit di Februari dan 0 unit di Maret dan April 2017!

Selain mobil Jepang memang susah untuk jualan di Indonesia, apalagi masuk ke kelas city car berharga “murah” yang rata-rata pembelinya adalah golongan “menengah bawah” yang pastinya lebih banyak melihat faktor brand, layanan after sales dan juga pendapat/masukan dari lingkungannya.

 

Related Post

Advertisements

8 comments on “Data Penjualan City Car Hatchback Non LCGC, Dimana Posisi Ignis?

  1. ngenes amat ya renault… jualan nissan march/datsun go paket hemat dengan cita rasa eropa (walau sebenarnya rasa india) masih gatot (gagal total) bersaing sama jepangan yg lebih mahal…

  2. Pingback: Mobil Terlaris Mei 2017, Si Urban SUV Ignis Masih Laris Manis | MivecBlog.com

  3. Pingback: Bocoran Varian Baru dari Suzuki, Ignis GL Comfort dan Luxury | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s