Data AISI April 2017 : Yamaha Naik Disaat Pabrikan Lain Drop, Gempuran Produk Baru Berhasil?

Data AISI (Assosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) bulan April 2017 menunjukkan angka yang tidak biasa. Tidak biasa karena memang selama ini data penjualan Honda selalu berada di angka 300 ribu lebih tiap bulannya, namun di bulan April kemarin justru drop sekitar 84 ribu unit dibandingkan bulan Maret 2017.

Data Penjualan Motor 2017

Data Penjualan Motor 2017

Data Penjualan Motor Maret - April 2017

Data Penjualan Motor Maret – April 2017

Dilihat dari data di atas, ternyata tidak hanya Honda yang penjualannya (baca : distribusi) turun, Suzuki, Kawasaki, dan TVS juga mengalami penurunan. Kalau diprosentasekan, Suzuki mengalami penurunan paling parah yaitu sebesar 31,64% dibandingkan bulan Maret 2017. Apa mungkin karena pengaruh All New R15 dan All New Vixion? Bisa jadi… konsumen akan menunggu beberapa saat entah menunggu review media/blogger ataupun testimoni orang sebelum memutuskan apakah akan membeli GSX Series atau New R15/Vixion. 

Namun, turunnya penjualan ini tidak berlaku bagi Yamaha. Yamaha justru membukukan penjualan yang sangat baik. Dibandingkan bulan Maret, penjualan Yamaha mengalami kenaikan sebesar 3.868 unit atau sekitar 3,95%. Saya rasa ini adalah efek dari gencarnya Yamaha meluncurkan produk barunya. Dimulai dari Aerox 155 VVA yang penjualannya langsung meroket, kemudian All New R15 dan terakhir New Vixion. Walaupun nama terakhir belum terdistribusi di bulan April, namun ini bisa mempengaruhi konsumen untuk melirik motor Yamaha. “Wah… Yamaha mengeluarkan banyak produk baru nih…,” itulah komentar dari beberapa teman saya.

Test Ride Aerox 155 di Sirkuit Marina

Eiittt… sekedar tambahan saja, jika dibandingkan dengan bulan April tahun 2016 lalu, ternyata semua pabrikan mengalami penurunan penjualan, kecuali Suzuki.

Data Penjualan Motor April 16 vs April 17

Data Penjualan Motor April 2016 vs April 2017

Bahkan penjualan Suzuki terbilang meroket tajam hingga 220%! Ini memang tak lepas dari kehadiran GSX Series yang cukup moncer penjualannya. Baca : Mantab, Penjualan Suzuki GSX-S150 di Bulan Maret 2017 Kalahkan Yamaha Vixion

So, kedepan… pertarungan antar pabrikan akan semakin seru. Tidak hanya di pasar metik, namun juga sport dan metik premium!

 

Related Post

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s