Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis, Amankah?

Setelah mencoba sendiri Suzuki Ignis, fitur memang menjadi salah satu daya tarik yang sangat kuat, selain desainnya yang menarik. Namun, apakah mobil dengan harga tertinggi 163 juta rupiah OTR Batam ini aman? Berapa bintang hasil crash test dari Suzuki Ignis ini?

Crash Test Ignis

Crash Test Suzuki Ignis

Mobil ini masih impor utuh dari India dengan spek yang sama persis, termasuk mesin 1,2 liter. Dan Ignis dari India ini ternyata sudah melalui uji tabrak dengan standar Eropa, alias Euro NCAP. Namun perlu dicatat disini bahwa Ignis yang dites ini sedikit berbeda dengan Ignis untuk pasar India/Indonesia. Ignis yang sudah dites Euro NCAP adalah Ignis untuk pasar Eropa dimana versi standarnya sudah dilengkapi dengan airbag samping, sementara untuk pasar India dan Indonesia hanya memiliki airbag bagian depan. 

Kemudian juga perlu kita ketahui, untuk Euro NCAP standardnya lebih tinggi dibandingkan dengan Asean NCAP yang selama ini menjadi standar keamanan mobil-mobil di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Perbedaan NCAP

Perbedaan Euro NCAP dan Asean NCAP

Nah berapa bintang sih hasil uji tabrak Suzuki Ignis dengan standar Euro NCAP?

Hasilnya adalah 3 bintang… dan 5 bintang! Lho kok ada 2 hasil?

Ternyata, yang di test oleh Euro NCAP memang ada 2 varian, yaitu varian standar dan varian full safety pack. Full Safety Pack Ignis versi Eropa ini disebut Dual Camera Brake Support Version yang lebih diperuntukkan bagi perlindungan pedestrian. Perlu dicatat ya, bahwa uji tabrak ini sudah dilakukan di akhir tahun 2016 kemarin, dan ini di Eropa, bukan di Asean atau Indonesia.

Crash Test Ignis Standar

Crash Test Ignis Standar

Hasil 3 bintang untuk  versi standar ini tergolong cukup baik, mengingat ketatnya standar keselamatan di Eropa. Untuk versi standar, saat melalui pengujian Frontal Offset Deformable Barrier, perlindungan terhadap dada pengemudi masih kurang baik.

Sementara untuk varian dengan safety pack terdapat adanya sejumlah tambahan fitur keselamatan seperti Dual Camera Brake Support, Lane Departure Warning, dan Speed Limiter.

Crash Test Ignis - Safety Pack

Crash Test Ignis – dengan Safety Pack

Dengan tambahan paket keselamatan ini, hasil yang didapatkan bagi pengemudi dan penumpang menunjukkan perlindungan yang baik di bagian lutut dan tulang kering Sementara dari uji tabrak samping, Ignis meraih poin penuh dengan perlindungan maksimal di bagian kritis sehingga berhak memperoleh 5 bintang.

Lantas bagaimana dengan Ignis yang hadir di Indonesia? Memang belum ada hasil resmi dari Asean NCAP, namun sepertinya sih bisa 4 bintang, soalnya kalau 5 bintang kan sepertinya nggak mungkin, harus ada stability control (VSA) soalnya 😀 . Kita tunggu saja update resminya…

 

Related Post

Advertisements

3 comments on “Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis, Amankah?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s