Test Ride Yamaha Aerox 155 VVA di Sirkuit Marina Batam, Bikin Ketagihan!

Setelah minggu lalu Yamaha memperkenalkan Yamaha Aerox 155 VVA kepada komunitas dan klub Yamaha di Batam dalam acara Gathering Klub Motor Yamaha Bersama Alfa Scorpii, kemarin dilanjutkan dengan sesi test ride yang dilakukan di Sirkuit Marina Batam. Saya dan  teman-teman Keprimotoblog beruntung bisa mencicipi Aerox 155 pertama kalinya di Batam, di sirkuit lagi hehe 😀

Test Ride Aerox 155 di Sirkuit Marina

Test Ride Aerox 155 di Sirkuit Marina Batam

Keprimotoblog

Acara dimulai sekitar jam 13.30 dengan speech dari Pak Oksni Lee selaku Area Marketing Development (AMD) Kepulauan Riau kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh Pak Kenedi Wahyudi mengenai Yamaha Aerox 155 VVA, mulai dari spesifikasi, fitur, dan juga keunggulannya dibandingkan dengan kompetitor. Ternyata banyak yang tidak saya ketahui tentang isi Aerox 155 ini :mrgreen:

Pak Oksni (AMD) Yamaha Kepri

Pak Oksni (AMD) Yamaha Kepri

Para peserta test ride yang terdiri dari anggota komunitas dan klub Yamaha serta komunitas dan klub Honda tampaknya cukup antusias dengan sesi pengenalan Aerox ini. Buktinya dalam sesi tanya jawab dan quiz, mereka berlomba-lomba untuk bertanya dan berebut untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Apalagi hadiahnya lumayan, ada kaos, topi dan helm full face juga lho… Nih Mbak Dara (yang juga tetangga saya) pinter jawabnya, bisa dapat helm full face 🙂

Mbak Dara dapat helm full face 🙂

Sekitar jam 15.30 sesi test ride dimulai. Kami diberikan kesempatan pertama untuk mencoba sensasi VVA di sirkuit ini. Sirkuit Marina memang sirkuit kecil, tidak seperti sirkuit Sentul atau Sepang hahaha… Sirkuit Marina ini lebih sering dipakai untuk acara drifting dan gokart, jadi lebih banyak tikungan-tikungan tajam dan hanya menyisakan satu straight sekitar 200an meter :mrgreen:

Yuukkk gazzz….

Dengan keterbatasan Sirkuit Marina ini, otomatis saya tidak bisa mencoba kencang ataupun top speed, jadi saya hanya mencoba handling dan tarikan/akselerasi mesin 155 cc VVA ini. Lagian sesi test ride ini kan bukan ajang balapan hehe…

HANDLING

Dibandingkan dengan NMAX yang memiliki mesin sama dan sama-sama memiliki 2 shock, handlingnya sangat berbeda. Posisi kaki dan tangan yang seperti halnya motor metik dan shock yang lebih lembut membuat feel di tikungan juga sangat berbeda. Karena saya jarang sekali pakai metik selain NMAX jadi agak kagok pada awalnya, terutama saat di tikungan… amatir banget yak 😀 😀

Belajar nikung dulu…

Namun, Aerox 155 memiliki kelebihan dibandingkan dengan NMAX, yaitu profil bannya yang lebih lebar. Ban depan 110/80 dan ban belakang 140/70 membuat Aerox 155 tetap mantab ketika menikung ala Rossi, sampai banyak yang gesrot pula… Ban lebar ini sangat-sangat membantu di tikungan karena suspensi belakang yang agak lembut. Overall, motor ini enak buat nikung, bukan nikung cewek lho ya… 😀

AKSELERASI

Saya tidak memakai alat-alat khusus untuk mengukur akselerasinya, murni hanya feeling saja. Yups, tidak bisa dijadikan ukuran apalagi patokan, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran bagaimana akselerasi motor ini. Dengan mesin yang sama dengan NMAX, power yang diberikan Aerox 155 sedikit lebih rendah (11 kW vs 11,1 kW). Namun karena berat Aerox jauh lebih ringan dibandingkan dengan NMAX (118 vs 127 kg), otomatis Aerox 155 memiliki keunggulan di akselerasi. Enteng, smooth tapi wuzzz… bikin pengen lagi dan lagi 😀

Tarikannya nyuzzzz

Terasa tarikannya beda dengan NMax, lebih nendang di awal walaupun tidak terlalu banyak perbedaan, lha wong speknya 11 – 12 kok. Yang jelas Aerox jauh lebih sporty dan racy dibandingkan dengan Nmax. Jadi memang beda kelas dan sulit untuk saling caplok.

Itulah sedikit gambaran mengenai Aerox 155 ketika dipakai di mini sirkuit, tarikan ajib dan handling juga mantab dengan ban super lebar untuk motor metik. Apalagi secara tampilan juga paling manteb di kelasnya, tul? 🙂

Related Post

Advertisements

13 comments on “Test Ride Yamaha Aerox 155 VVA di Sirkuit Marina Batam, Bikin Ketagihan!

  1. sirkuit marina tuh cuma 900m tapi sirkuitnya cocok lah buat tes ride motor tikungan panjang ada chicane ada juga tikungan yg sempit dan butuh rem lumayan kuat ada juga terus ada lurus yg gak panjang tapi cukup buat akselerasi ini motor dan handling motor memang feeling saya positiflah langsung click gitu kayak mx di rumah overall nilai 8.9 deh karena belum ngetes topspeednya

  2. sirkuit marina tuh cuma 900m tapi sirkuitnya cocok lah buat tes ride motor tikungan panjang ada chicane ada juga tikungan yg sempit dan butuh rem lumayan kuat ada juga terus ada lurus yg gak panjang tapi cukup buat akselerasi ini motor dan handling motor memang feeling saya positiflah langsung click gitu kayak mx di rumah overall nilai 8.9 deh karena belum ngetes topspeednya

  3. Awallnya nyesel keburu ambil NMAX. Pas servis NMAX ada unit Aerox 155 dipajang. Coba naik dan ternyata sempit ya ruang kakinya, terutama dengkul kiri saya mentok box laci. Nggak jadi nyesel, hehehe…

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s