Fujiya Camera, Surganya Kamera Seken di Jepang

Di Jepang, masyarakatnya tidak malu untuk membeli dan memiliki barang seken (second hand). Hampir di tiap sudut kota, banyak sekali toko-toko yang menjual barang seken, mulai dari pakaian, barang pecah belah, alat elektronik hingga kendaraan bermotor. Sebut saja Hard Off dan Treasure Factory yang hadir hampir di semua kota di Jepang, hingga toko-toko barang bekas milik perseorangan.

Salah satu toko barang seken di Jepang

Salah satu toko barang seken di Jepang

Nah, kalau soal barang elektronik, yang paling terkenal di Jepang adalah Akihabara dimana hampir seluruh toko di kawasan ini (kawasan yang sangat luas) memiliki gerai khusus barang elektronik seken. Namun untuk urusan kamera seken, saya sarankan cek dulu ke toko Fujiya Camera sebelum mencarinya di Akihabara. 

Fujiya Camera terletak di daerah Nakano, 1 pemberhentian kereta dari stasiun Shinjuku. Tidak susah untuk menemukan toko Fujiya Camera karena begitu kita keluar dari stasiun Nakano, cukup berjalan sekitar 200an meter sudah sampai deh.

Lokasi Fujiya Camera

Lokasi Fujiya Camera

Ketika kemarin ke Fujiya Camera, kami sampai di Nakano sekitar jam 08.00 pagi. Padahal toko ini buka dari jam 10.00 hingga jam 20.30. Suhu di luar saat itu sekitar 0 derajat, alhasil kami harus mencari “kehangatan” dulu, sarapan mie soba 😀

Fujiya Camera

Fujiya Camera

Belum Buka :D

Belum buka, jadilah menggigil kedinginan 😀

Setelah jam 09.50 kami memutuskan kembali ke Fujiya Camera, tidak disangka ternyata sudah banyak banget yang mengantri di depan toko ini, walaupun belum buka! Nggak sempat foto antriannya karena waktu itu dingin buanget. Memang benar-benar terkenal toko ini :mrgreen:

Ngantri di depan Fujiya Camera

Ngantri di depan Fujiya Camera (Pict : Google)

Toko Fujiya Camera baru buka tepat jam 10.00, on time pakai banget! Masuk ke lantai satu beragam kamera dan lensa (kebanyakan merk Canon) dipajang di etalase. Bikin bingung kalau belum tahu apa yang ingin dicari. Kalau mau mencari Nikon, bisa menuju ke lantai 2. Masuknya lewat tangga di samping kanan toko (harus keluar dulu). Mau merek Sony, Olympus, Pentax, Sigma, dan merek-merek lainnya juga ada.

Ini di Lantai 1 Fujiya Camera

Ini di Lantai 1 Fujiya Camera

Harga di Fujiya Camera terpasang jelas

Harga di Fujiya Camera terpasang jelas

Harga Canon 5D Mark III seken

Harga Canon 5D Mark III seken rank AB

Memang apa saja keuntungan beli kamera/lenda atau aksesoris kamera di Fujiya Camera? Bukan promosi lho ya…

  1. Harganya jelas dicantumkan di setiap barang (tidak perlu nego atau tanya-tanya), maklum kendala bahasa 😀
  2. Di setiap kamera atau lensa yang dijual diberi label ranking, yaitu rank A, AB dan B. Rank A adalah paling bagus dan lengkap, rank AB bagus tetapi sedikit sekali minus (misalnya strap atau CD tidak ada) sementara rank B juga masih masih bagus, tetapi minusnya ada beberapa, misalnya tanpa box dan sedikit dust/jamur.
  3. Tax Free, jadi jika kita memegang paspor luar negeri (non Jepang), maka harga yang tertera di setiap barang akan dikurangi sekitar 8 persen. Syaratnya adalah jumlah pembelian harus di atas 10.000 yen (karena termasuk  barang elektronik, kalau makanan harus di atas 5000 yen).
  4. Ada garansi. Walaupun seken tapi Fujiya Camera berani memberi garansi hingga 6 bulan! Juozz…

Kalau mencari aksesoris atau spare part kamera juga banyak, mau baru, seken atau bahkan yang sudah dianggap sampah/junk tetapi masih berfungsi dan bisa dimanfaatkan, semua ada… lengkap wis!

Sayapun kemarin hanya beli lensa Camera Sigma 18-200mm untuk Camera Canon jadul, cukup murah kok 18.000 yen saja atau kurang dari 2 juta rupiah. Kondisinya sangat-sangat mint alias rank A! Kalau yang Rank AB hanya 13.000-an yen atau sekitar 1,5 juta rupiah. Sementara teman saya memilih Nikon D7000 rank A hanya dengan membayar sekitar 3 juta rupiah!

 

Related Post

Advertisements

11 comments on “Fujiya Camera, Surganya Kamera Seken di Jepang

  1. saya ke jepang bulan depan mas, niatnya pengen cari kamera fuji, tapi itin saya ke osaka dulu, karena kameranya pengen langsung dipake, jadi rencananya beli kameranya di osaka. Kalo di Osaka ada tokonya gak ya mas? apakah harganya sama dengan di Tokyo?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s