Bermain Pasir Putih di Pantai Setokok Batam

Sebagai kota yang berupa pulau, Batam memiliki banyak tempat untuk menghabiskan akhir pekan terutama wisata air. Selain wisata belanja ke mall atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya, pantai merupakan destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi setelah beraktivitas selama seminggu. Selain pantai-pantai resort di daerah Nongsa yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, pantai di daerah Barelang juga tidak kalah menarik.

Satu lagi yang menjadikan Barelang menjadi destinasi wisata terutama wisatawan lokal adalah biayanya yang murah :mrgreen: . Jika dibandingkan dengan resort-resort di daerah Nongsa yang butuh ratusan ribu rupiah sekali masuk, pantai-pantai di daerah Barelang bisa kita nikmati dengan tiket masuk antara 2 ribu hingga belasan ribu rupiah. Bahkan jika kita datang pagi-pagi atau saat weekday malah kadang gratis 🙂

Pantai Setokok Batam

Pantai Setokok Batam

Salah satu pantai yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi di daerah Barelang adalah Pantai Setokok. Lokasinya yang tidak terlalu jauh menjadikan pantai ini cukup ramai ketika weekend tiba. Pantai ini terletak di Pulau Setokok, pulau di sebelah selatan Batam setelah Pulau Tonton dan pulau Nipah yang dihubungkan dengan jalan trans Barelang dan beberapa Jembatan Barelang. Untuk menuju ke Pantai Setokok, saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor karena setahu saya tidak ada angkutan umum yang sampai ke Pantai Setokok (CMIIW). 

Menuju Pantai Setokok

Menuju Pantai Setokok

Dari Simpang Barelang di Tembesi, Pantai Setokok hanya berjarak sekitar 16 km dan bisa ditempuh dalam waktu 25 – 30 menit. Lurus ke arah Barelang hingga melewati Jembatan Barelang 1, 2 dan 3. Dari Jembatan 3 Barelang selain pandangan fokus ke depan, sekali-kali lihat ke sebelah kanan karena tidak jauh dari Jembatan 3 kita akan melihat petunjuk arah di sebelah kanan menuju Pantai Setokok.

Petunjuk Arah ke Pantai Setokok

Petunjuk Arah ke Pantai Setokok (Pict : sarahjalan.com)

Sampai di simpang ini kemudian belok kanan dan ikuti terus jalannya sekitar 3 km. Jangan salah, sebelum sampai ke Pantai Setokok, di sebelah kanan juga ada pantai lainnya, yaitu Pantai Alam Sehat. Jadi kalau mau ke Pantai Setokok tetap harus lurus mengikuti jalan aspal. Sekitar 200 meter sebelum sampai ke Pantai Setokok kita harus membayar karcis sebesar 5000 rupiah per orang, sementara parkir kendaraan gratis ( waktu saya ke sana, rejeki anak sholeh 😀 ), walaupun ada juga teman saya yang dimintai parkir 5.000 rupiah.

Tiket Masuk Setokok

Tiket Masuk Pantai Setokok

Pantai Setokok dilihat dari Parkiran

Pantai Setokok dilihat dari Parkiran

Pantai Setokok terkenal dengan pasir putihnya, terutama ketika air laut surut. Ketika surut, barulah nampak wajah asli Pantai Setokok. Barisan pasir putih memanjang, menjorok ke tengah laut yang elok menjadikannya sangat instagramable. Inilah spot foto yang terbaik selain di ayunan yang disediakan pengelola.

Ayunan - Spot foto di Pantai Setokok saat Air Laut Pasang

Ayunan – Spot foto di Pantai Setokok saat Air Laut Pasang

Pasir Putih - Spot foto di Pantai Setokok saat Air Laut surut

Pasir Putih – Spot foto di Pantai Setokok saat Air Laut surut

Di Pantai Setokok ada beberapa fasilitas yang bisa kita gunakan, baik yang gratis maupun berbayar, antara lain :

  1. Gazebo di sepanjang pantai yang tertata rapi dan apik, Rp 30.000 sekali sewa
  2. Kano dan banana boat, lupa bayar berapa
  3. Ban untuk berenang, ini juga lupa bayar berapa
  4. Tempat mandi, Rp 2.000 per ember
  5. Mushola, tentu saja gratis
  6. Ayunan 2 buah di tengah laut, gratis juga
  7. Lapangan voli
Musholla di Pantai Setokok

Musholla di Pantai Setokok

Gazebo di Pantai Setokok

Gazebo di Pantai Setokok (30.000 rupiah)

Puas main air, main pasir dan foto-foto pastinya membuat perut lapar. Jangan khawatir, ada beberapa penjual makanan dan snack yang setia menanti kedatangan kita di pinggir pantai setokok, jadi amanlah kalau perut lapar hehe… Agar lebih berkesan, sedikit tips dari saya kalau mau pergi ke Pantai Setokok.

  1. Wajib sampai ke Setokok menjelang air laut surut. Jadi kita bisa main dan foto dulu di ayunan yang ada di pantai, baru kemudian setelah surut dilanjutkan main di pasir putih yang muncul. Untuk mengetahui pasang surut air laut, saya biasanya menggunakan jam tangan Casio jadul saya yang ada fasilitas tidal monitoring atau grafik pasang surut air laut. Akurat banget kalau kita setting garis bujur dan garis lintangnya pas. Kalau tidak punya bisa download aplikasi pasang surut air laut di Android atau iPhone. Tinggal ketik tides atau pasang surut di kolom pencarian bakalan muncul  banyak sekali aplikasinya.
  2.  Lebih baik datang di waktu menjelang sore, sekitar jam 14.00 sekalian menunggu sunset di pantai ini. Kalau pas cerah, bisa dapat foto sunset yang istimewa 🙂
  3. Lebih baik lagi datang di hari Sabtu ketika pengunjung tidak terlalu ramai. Sangat mudah mencari spot foto tanpa “gangguan” dan tentu saja, serasa memiliki pantai pribadi :mrgreen:
  4. Wajib bawa kamera (DSLR dan action camera lebih bagus lagi)

Sudah siap untuk ke pantai di akhir minggu ini?

 

Related Post

Advertisements

3 comments on “Bermain Pasir Putih di Pantai Setokok Batam

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s