Mitsubishi Lancer Tidak Jadi Disuntik Mati?

Ingat, ini bukan Mitsubishi Lancer Evolution ya… yang jelas sudah disuntik mati.

Bulan Agustus tahun 2017 ini, Mitsubishi Lancer dikabarkan akan berakhir kiprahnya alias disuntik mati. Diluncurkan sejak tahun 1973 untuk mengisi gap antara Minica Kei Car dan sedan Mitsubishi Galant, Mitsubishi Lancer dipasarkan sebagai sporty compact sedan. Di Indonesia sendiri Lancer berhadapan langsung dengan Honda Civic dan Toyota Corolla dan menjadikan 3 mobil sedan paling favorit hingga saat ini.

Lancer Evo X Final Edition 13

Lancer Evo X Final Edition

Edisi terakhir di Indonesia adalah Mitsubishi Lancer EX dengan mesin 4B11 MIVEC 2.0 liter yang diluncurkan sekitar tahun 2008 lalu. Namun, bisa dibilang Lancer kalah bersaing dengan Toyota Corolla Altis dan Honda Civic yang masih terus eksis dan selalu mendapatkan update hingga saat ini. Di sisi lain, penjualan mobil Mitsubishi lainnya seperti Outlander Sport dan Pajero Sport justru lebih moncer sehingga membuat Lancer seperti diabaikan hingga akhirnya KTB (Krama Yudha Tiga Berlian) selaku APM Mitsubishi di Indonesia menghentikan penjualan Lancer EX tahun 2011 lalu (CMIIW).

Namun kabar disuntik matinya Mitsubishi Lancer mungkin akan pupus dengan informasi terbaru dari Taiwan ini. Mitsubishi di sana dalam waktu dekat akan merilis sebuah sedan yang disebut Mitsubishi Grand Lancer!

Mitsubishi Grand Lancer

Mitsubishi Grand Lancer

Dilihat sekilas saja Grand Lancer ini tidak mirip dengan Lancer generasi sebelumnya atau Lancer EX (atau Galant Fortis di beberapa negara). Penggunaan nama Grand ini mungkin memang dimaksudkan karena Lancer yang baru ini benar-benar produk baru atau all new.

Lihat saja bagian depan yang sudah menganut desain Dinamic Shield seperti pada mobil-mobil Mitsubishi lainnya saat ini. Kalau begini, kesan sporty-nya jadi tidak begitu kelihatan dan berubah menjadi sedan yang elegan layaknya Galant.

Mitsubishi Grand Lancer

Dynamic Shield Mitsubishi Grand Lancer

Bagian interior juga akan mendapatkan desain baru dengan digital instrument cluster dan head unit touchscreen infotainment 8 inci. Selain itu terdapat pula dual-zone climate control otomatis untuk AC-nya sebagai standar Grand Lancer.

Dashboard Mitsubishi Grand Lancer

Dashboard Mitsubishi Grand Lancer

grand-lancer5

Fitur lengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Dual-zone Automatic Climate control
  2. Multi-function Steering Wheel
  3. Reverse Park Assist with Camera
  4. Head unit 8-inci layar sentuh
  5. Enam airbags
  6. Stability Control
  7. ABS with EBD
  8. Brake Assist
  9. Hill Start Assist
  10. Accident Warning System (AWS)
  11. ISOFIX Rear Child Seat Mounts

Bagaimana dengan mesinnya? Apakah pakai turbo?

Buang dulu angan-angan tersebut hehe… Urusan dapur pacu, Grand Lancer “hanya” akan dibekali dengan mesin 1,8-liter SOHC MIVEC empat silinder yang mampu menyeburkan tenaga 138 hp yang ditransmisikan ke roda dengan transmisi CVT. Yang sedikit memberi senyuman adalah penggerak roda yang menggunakan sistem RWD alias penggerak roda belakang.

Penggerak Roda Belakang Grand Lancer

Penggerak Roda Belakang Grand Lancer

Transmisi Otomatis CVT

Transmisi Otomatis CVT

Grand Lancer hanya akan dipasarkan untuk kawasan Asia seperti Taiwan, CHina dan Malaysia. Belum ada informasi apakah juga akan diboyong ke Indonesia. Tapi melihat pasar Indonesia yang sudah tidak selera dengan sedan, sepertinya kemungkinannya sangat kecil. Kita tunggu saja ya… 🙂

 

Related Post

Advertisements

5 comments on “Mitsubishi Lancer Tidak Jadi Disuntik Mati?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s