Perbandingan Uji Tabrak Antara Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun Go, Calya dan Sigra. Siapa yang Paling Aman?

Hasil uji tabrak (crash test) dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra baru saja diumumkan beberapa waktu lalu. Kedua mobil LCGC terbaru itu berhasil meraih 4 bintang untuk kategori perlindungan dewasa (AOP = Adult Occupant Protection). Sementara untuk perlindungan anak-anak (COP = Child Occupant Protection), Calya berhasil meraih 4 bintang, sedangkan Sigra hanya meraih skor 2 bintang.

Hasil Uji Tabrak Toyota Calya

Hasil Uji Tabrak Toyota Calya

Perlu dicatat disini bahwa hasil uji tabrak Sigra mempunyai 2 hasil, yaitu 4 bintang untuk Sigra dengan dual airbag dan 1 bintang untuk Sigra tanpa airbag.

Nah, sekarang kita flashback ke beberapa waktu lalu dan mencoba membandingkan dimana beberapa mobil buatan Indonesia juga sudah berhasil menjalani uji tabrak dari AseaNCAP. Sebut saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Datsun Go. Sayang untuk Honda Mobilio masih belum diuji oleh AseaNCAP, jadi tidak bisa dibandingkan disini walaupun untuk Honda Mobilio rakitan India sebenarnya pernah menjalani crash test Global NCAP dengan hasil 0 bintang (tanpa airbag) dan 3 bintang (dengan airbag).

Untuk lebih mudah, mari kita lihat perbadingannya dalam tabel berikut :

Perbandingan Uji Tabrak Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun Go, Calya, Sigra

Perbandingan Uji Tabrak Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun Go, Calya, dan Sigra

Terlihat jelas bahwa secara sekilas, mobil yang paling tidak aman bukan Datsun Go yang paling murah, melainkan Daihtsu Sigra tanpa Airbag. Sedangkan mobil paling aman justru datang dari kelas LCGC, yaitu Toyota Calya!

Bagaimana bisa? Ada beberapa catatan yang perlu kita garis bawahi, yaitu :

  • Hasil AOP dari Sigra tanpa airbag sebenarnya sama dengan Datsun Go, yaitu 6.82 poin. Tetapi menurut AseanCAP, karena hasil fatal di kepala saat uji tabrak Sigra, maka hasilnya dikurangi menjadi 1 bintang. Berikut penjelasan dari AseanCAP :

“Daihatsu Sigra shares the same platform as the recently tested Toyota Calya. Unlike Calya, Sigra’s tested variant that is without airbag only achieved 6.82 points for the Adult Occupant Protection (AOP) category. The point is actually within the 2-Star range but due to serious head injury, it was relegated to 1-Star.”

  • Toyota Calya lahir paling akhir, sehingga fitur keselamatan sudah pasti ditingkatkan oleh Toyota
  • Toyota Avanza dan Xenia yang dites oleh AseanCAP adalah keluaran tahun 2013, pastinya berbeda dong dengan Toyota Avanza dan Xenia keluaran terbaru? Sayangnya Avanza dan Xenia keluaran terbaru belum menjalani uji tabrak.

Jadi, untuk saat ini “berbanggalah” bagi yang memiliki Toyota Calya, ternyata diantara mobil LCGC lainnya dan bahkan mobil non LCGC di atas, Calya terbukti yang paling aman berdasarkan AseaNCAP. Dan hasil ini harusnya menjadi pemacu bagi pabrikan lain agar selalu meningkatkan tingkat keselamatan mobil-mobil yang diproduksinya 🙂

 

Related Post

Advertisements

9 comments on “Perbandingan Uji Tabrak Antara Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun Go, Calya dan Sigra. Siapa yang Paling Aman?

  1. Pingback: Toyota Avanza Kembali Menjadi Raja di Bulan November 2016 | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s