Ertiga Meluncur di Malaysia dengan Logo Proton

Proton akhirnya resmi meluncurkan mobil hasil kerjasamanya dengan Suzuki di Malaysia. Setelah lama jadi rumor, mobil ini diperkenalkan ke publik Malaysia dengan nama Proton Ertiga.  Mobil ini akan dijual di Malaysia dalam 3 varian, yaitu Executive, Executive AT, dan Executive Plus AT.

Launching Proton Ertiga di Malaysia

Launching Proton Ertiga di Malaysia

Launching Proton Ertiga di Malaysia

Tidak banyak perbedaan Suzuki Ertiga di Indonesia dan Proton Ertiga di Malaysia. Selain Logo Proton yang nempel di grill, setir, tutup velg dan belakang mobil, Proton Ertiga hadir dengan konfigurasi 6 penumpang. Hal ini untuk memenuhi standar keselamatan penumpang di Malaysia yang mewajibkan semua kursi harus dilengkapi dengan seat belt 3 titik. Jadi jika di Indonesia konfigurasi joknya adalah 2 kursi depan, 3 kursi tengah dan 2 kursi belakang, maka Proton Ertiga hadir dengan konfigurasi 2 kursi depan, 2 kursi tengah dan 2 kursi belakang. 

Konfigurasi Tempat Duduk Proton Ertiga

Konfigurasi Tempat Duduk Proton Ertiga

Oh ya, di bagian belakang juga ada tambahan entah lampu atau hanya garnish merah horisontal yang menyatu dengan garnish krom, modelnya mirip-mirip dengan Grand New Veloz maupun Toyota Calya.

Lampu Belakang Proton Ertiga

Lampu Belakang Proton Ertiga

Proton juga nampak memberikan sentuhan ringan pada Ertiga dengan grill kini lebih lebar dan ditambah bar krom. Kemudian bagian bumper depan juga telah didesain ulang dan desain dan fog lamp yang lebih besar.

Wajah Ertiga Proton

‘Wajah’ Ertiga Proton

Harga untuk varian termurah Ertiga dengan merek Proton adalah sebesar 58.800 ringgit atau setara 179,8 juta rupiah. Sementara untuk model Executive AT dijual dengan banderol 61.800 ringgit atau setara dengan 190 juta rupiah, dan varian termahal, Executive Plus dibanderol dengan harga 64.800 ringgit atau setara dengan 199,2 juta rupiah.

proton-ertiga-13

Bagian belakang Proton Ertiga

Proton Ertiga hadir di Malaysia sebagai MPV compact pertama di Malaysia dengan status sebagai Energy Efficient Vehicle (EEV) atau mirip-mirip seperti LCGC di Indonesia, walaupun program di Malaysia lebih mengutamakan efisiensi, bukan harga.

“Proton Ertiga adalah mobil MPV compact perdana di Malaysia dengan status sebagai Energy Efficient Vehicle (EEV) dari Malaysia Automotive Institute,” ujar Chief Executive Officer Proton Dato’ Ahmad Fuaad Kenali.

Proton Ertiga diimpor ke Malaysia dengan cara Completely Knocked Down (CKD) dari pabrik Suzuki di Indonesia, dalam jumlah 1.500 tiap bulan. Ertiga hadir di Malaysia untuk mengisi celah di bawah Exora yang lebih mengarah ke kalangan yang lebih mapan.

Spesifikasi Proton Ertiga

Mesin yang digunakan Proton Ertiga masih sama dengan Suzuki Ertiga, K14B 1,4 liter DOHC dengan VVT. Power maksimal mencapai 92 PS atau setara 90,71 HP dan torsi 130 Nm. Mesin kemudian dikombinasikan dengan transmisi manual lima-percepatan untuk model standar, dan transmisi otomatis empat-percepatan untuk varian tinggi.

Mesin Ptoton Ertiga

Mesin Ptoton Ertiga

Perbandingan Spesifikasi Proton Ertiga dan MPV lain

Perbandingan Spesifikasi Mesin Proton Ertiga dan MPV lain

Dimensi Proton Ertiga adalah 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm dengan wheelbase 2.740 mm. Dengan ukuran tersebut, Proton Ertiga lebih pendek 327 mm dan 114 mm lebih sempit dari Exora. Berikut perbandingan dimensi Proton Ertiga dengan mobil MPV lainnya :

Perbandingan Dimensi Proton Ertiga dan MPV lain

Perbandingan Dimensi Proton Ertiga dan MPV lain

Beberapa fitur yang sudah terjejal pada varian terendah termasuk sistem musik 2DIN dengan masukan USB, daya ORVMs yang disesuaikan, sensor parkir bagian belakang, jok baris ketiga yang bisa melipat 50:50, serta sebuah layar multi-informasi sebagai standar. Sedangkan untuk sektor keselamatan, Proton Ertiga dibekali dua airbag alias kantung udara di bagian depan, pengereman ABS dengan EBD, serta ISOFIX.


Related Post

Advertisements

5 comments on “Ertiga Meluncur di Malaysia dengan Logo Proton

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s