Penjualan Datsun Go Anjlok Setelah Hadirnya Calya dan Sigra

Penjualan mobil di bulan September 206 kemarin memang sedikit mengalami penurunan. Demikian pula dengan segmen mobil LCGC, jumlah penjualannya juga turun sekitar 9,2% dibandingkan bulan Agustus. Tercatat, mobil LCGC dibulan September “hanya” terjual sebanyak 26.078 unit, sementara di bulan Agustus terjual sebanyak 28.719 unit.

Walaupun turun, namun jika dibandingkan dengan bulan September 2015, penjualan LCGC terbilang naik dimana bulan September tahun 2015 lalu hanya terjual sebanyak 13.188 unit. Kenaikan penjualan di tahun ini pastinya tak lepas dari hadirnya si kembar dari Toyota – Daihatsu, Calya dan Sigra.

Si Kembar Calya - Sigra

Si Kembar Calya – Sigra

Hadirnya Sigra dan Calya jelas menjadi penantang serius bagi eksistensi Datsun Go+ Panca yang sebelumnya berlari sendirian. Dalam dua bulan setelah peluncuran saja, Calya sudah berhasil merebut tahta tertinggi penjualan mobil tanah air dari Avanza. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Calya di September lalu sebanyak 8.832 unit, sementara Sigra sebesar 5.721 unit. 

Selain Datsun Go Series, beberapa mobil LCGC lain juga terkena imbasnya, walaupun tidak separah Datsun. Penjualan Datsun Go+ Panca bahkan anjlok mencapai di bawah 1.000 per bulan di bulan September kemarin, tepatnya hanya 951 unit. Padahal sebelum hadirnya Calya-Sigra, penjualan Datsun Go+ Panca cukup bagus di kisaran 2000-an unit per bulan.

Berikut ini data penjualan Datsun Go+ Panca dari Juni hingga September 2016 yang saya rangkum dari detik :

Data Penjualan Datsun Go+ 2016

Data Penjualan Datsun Go+ selama 2016

Dari graph di atas, sangat terlihat bahwa penjualan Datsun Go+ Panca terus merosot, terutama mulai Juli 2016 dimana issue hadirnya Calya dan Sigra semakin kencang.

Sekarang mari kita lihat data penjualan mobil-mobil LCGC di bulan September 2016. Terlihat bahwa Datsun Go dan Go+ Panca tertinggal jauh dibandingkan dengan Calya dan Sigra. Bahkan jika dibandingkan dengan Brio Satya juga sangat jauh.

Data Penjualan LCGC Sept 2016

Data Penjualan LCGC September 2016

Apakah ini berarti Datsun Go dan Go+ sudah kurang diminati oleh masyarakat? Bisa iya, bisa juga ini hanya sesaat mengingat belum banyak yang tahu akan kekurangan dan kelebihan Calya- Sigra. IMHO sih, sebaiknya Datsun Go+ Panca segera mendapatkan penyegaran. Terhitung, sudah lebih dari 2 tahun Datsun Go tidak mengalami perubahan besar. Kalau tidak bisa jadi Datsun Go akan semakin merana. Padahal tahu sendiri kan gimana mesin Datsun Go+ yang nyoss itu 🙂

 

Related Post

 

Advertisements

3 comments on “Penjualan Datsun Go Anjlok Setelah Hadirnya Calya dan Sigra

  1. Datsun go itu mesinnya paling kencang & irit dibanding sesama LCGC lainnya… apalagi jika ditambah turbo seperti daihatsu ayla turbo punya om mobi (motomobi.tv) pasti makin juoz… memang datsun go series interiornya paling jelek jika dibanding LCGC lainnya… dari kurang solidnya sambungan plastik, jok yang tipis, dan rem parkir model tarik yang berasal dari zaman benhoor (batu)….

  2. Pingback: Toyota Avanza Kembali Menjadi Raja di Bulan November 2016 | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s