Mengenal Renault Kwid 1.0, Mobil Perancis yang Siap Bertarung Dengan Mobil LCGC

Saat “comeback” tahun 2013 lalu, Renault melalui APM PT. Auto Euro Indonesia bersama dengan Indomobil memiliki visi dan target tinggi, yaitu mendapatkan pangsa pasar mobil 10 hingga 15 persen di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, target ini harus dicapai hanya dalam waktu 3 hingga 5 tahun, sebuah target yang cukup berat mengingat Renault masih belum cukup dikenal bagi masyarakat Indonesia.

Target tinggi tersebut langsung dimulai dengan memasarkan beberapa mobil seperti Cluster, Megane RS dan Duster 4×2, kemudian ditambah dengan tiga model lain yaitu Clio, Captur, dan Duster 4×4. Bahkan, Renault Duster 4×4 merupakan mobil Renault pertama yang dirakit di Indonesia!

Renault Duster

Renault Duster

Tidak sampai disitu, Renault baru-baru ini juga kedapatan tengah menyiapkan mobil “murah” baru yang akan dijual di Indonesia. Mobil tersebut adalah Renault Kwid, mobil rakitan India dengan mesin 800 cc dan juga 1.000 cc. Rencana ini jelas terlihat pada situs TPT Kemenperin yang menampilkan Renault Kwid 1.0 RXT M/T yang didaftarkan pada tanggal 10 Oktober 2016 kemarin. Status TPT sendiri memang masih P, yang artinya masih dalam proses. 

TPT Renault Kwid 1.0

TPT Renault Kwid 1.0

Renault Kwid

Renault Kwid

Di India sendiri, Renault Kwid varian 1.0 liter merupakan varian tertinggi dengan fitur-fitur yang cukup bagus di kelas mobil “murah”. Murah disini memang karena harga Renault Kwid 1.0 di India “hanya” dijual dengan harga sekitar 74 hingga 77 juta rupiah. Dengan harga dan fitur-fitur tersebut, bulan Agustus 2016 lalu, penjualan Kwid di India mampu menembus 10.000 unit!

Penjualan Renault Kwid di India

Penjualan Renault Kwid di India

Bagaimana untuk di Indonesia? Menurut viva.co .id, Renault Kwid di Indonesia akan diluncurkan pada tanggal 19 Oktober besok dengan harga 117,7 juta rupiah on the road Jakarta. Kwid akan bersaing dengan mobil-mobil LCGC lain seperti Agya, Ayla, Datsun Go, Brio Staya maupun Karimun Wagon R. Dengan harga segitu, apakah kira-kira Kwid adalah mobil yang layak untuk dibeli?

Fitur Renault Kwid

Seperti yang saya tulis di atas, fitur-fitur Renault Kwid cukup bagus untuk “mobil murah” dengan harga 117 juta rupiah. Secara fisik, ukurannya cukup mungil, hanya 3.679 mm x 1.579 mm x 1.478 mm. Ukuran Kwid hanya sedikit lebih panjang, lebih lebar dan sedikit lebih pendek dibandingkan Agya yang memiliki dimensi 3.600 x 1.500 x. 1.520 mm. Ground Clearance mobil ini cukup tinggi, yaitu 180 mm. Wajar, karena Kwid memang bisa dikategorikan sebagai mini crossover.

Panjang Renault Kwid

Panjang Renault Kwid

Ground Clearance Renault Kwid

Ground Clearance Renault Kwid

Di India, Kwid mempunyai beberapa fitur seperti :

  • Airbag di bagian pengemudi (opsional)
  • Heater, yang di Indonesia saya yakin tidak dibutuhkan 🙂
  • AC
  • Electric power steering
  • Power Window
  • Touch screen head unit dilengkapi dengan bluetooth, USB dan Aux
  • Digital speedometer lengkap dengan tripmeter dan MID
  • Gear shift indicator
  • Remote keyless entry dan immobilizer
  • Central lock
  • Auto ON/OFF Cabin light
  • Cabin lighting with timer & fade out
  • Bagasi 300 liter

Selain fitur diatas, Kwid juga diklaim mempunyai fuel efficiency yang sangat bagus, yaitu 23,01 km/liter untuk rute kombinasi. Cukup irit ya…

Spesifikasi Renault Kwid

Renault Kwid yang di daftarkan ke TPT merupakan varian 1,0 liter manual. Mobil ini mempunyai mesin DOHC 1.000 cc 3 silinder 12 valve yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 68 ps @5.500 rpm dan torsi 91 Nm @4.250 rpm.

Mesin 1.0 liter Renault Kwid

Mesin 1.0 liter Renault Kwid

Transmisinya manual 5 percepatan dan 1 gigi mundur. Untuk rem depan menggunakan rem cakram, sementara rem belakang masih tromol. Sayangnya, (IMHO) tampilan yang sudah keren ini tidak dibarengi dengan kaki-kaki yang keren juga. Diameter velg Kwid hanya 13 inci dengan lebar ban 155/80, cukup mungil!

Berikut spesifikasi lengkap Renault Kwid :

Spesifikasi Mesin Renault Kwid

Spesifikasi Mesin Renault Kwid

spesifikasi-renault-kwid2 spesifikasi-renault-kwid3 spesifikasi-renault-kwid4

Setelah mengetahui fitur dan juga spesifikasi Renault Kwid ini, apakah masbro tertarik untuk membelinya? Secara harga sih lumayan dibandingkan mobil LCGC, namun after sales juga harus diperhitungkan bukan? Apalagi bagi saya yang ada di Batam gini hehe. Tapi kalau tinggal di Jakarta, Surabaya atau kota besar lain, menarik banget bukan? 🙂

 

Related Post

 

 

Advertisements

4 comments on “Mengenal Renault Kwid 1.0, Mobil Perancis yang Siap Bertarung Dengan Mobil LCGC

  1. Pingback: Renault Kwid 1.0 AMT Meluncur di India, Tanpa Tuas Persneleng? | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s