Mazda Motor Indonesia Tutup, Bisnis Mazda Di Indonesia Dipegang Eurokars

Sejak Chevrolet memutuskan untuk menutup pabriknya di Indonesia, beberapa ATPM di Indoesia juga menyatakan hengkang dari Indonesia. Sebut saja Ford Motor Indonesia (FMI) dan kemudian ada Harley Davidson yang juga turut menutup bisnisnya di Indonesia. Nah, hari ini secara resmi melalui website resminya, PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) menyatakan pengalihan bisnis distribusi dan suku cadang mobil Mazda di Indonesia kepada PT. Eurokars Motor Indonesia.

Walaupun MMI menolak untuk disebut tutup, tapi bagi saya kok sama saja. Kalau bisnis distribusi dan suku cadang sudah dialihkan ke perusahaan lain, mau jadi apa MMI kalau tidak tutup? Lha wong pabrik saja tidak ada kan di Indonesia…

mazda-logo-large

Dengan penandatanganan pengalihan bisnis ini, maka secara resmi mulai bulan Februari 2017 mendatang, seluruh operasional dari 45 dealer termasuk karyawannya akan berada di bawah Eurokars.  

Siapa sebenarnya Eurokars itu?

Saya kutip dari detik, Eurokars merupakan perusahaan milik Karsono Kwee yang didirikan pada tahun 1985. Eurokars Group merupakan distributor bagi mobil-mobil premium di Asia, dengan kantor pusat di Singapura dan mempunyai beberapa bisnis di Indonesia dan Cina. Di Singapura, Eurokars Group mengelola 5 merek ternama yaitu Porsche, Rolls-Royce, MINI, Mazda dan McLaren.

Sedangkan di Indonesia, Eurokars Group menangani merk Porsche, Rolls Royce, BMW, Mazda, Maserati dan distributor resmi Kaca Film 3M untuk otomotif dan komersil untuk seluruh Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga berekspansi ke Australia dengan membuka dealer Mazda di sana. Presiden Direktur MMI sendiri merasa yakin bahwa Eurokars akan mampu membawa Mazda di Indonesia menjadi lebih kuat.

“Dengan mempergunakan keahlian dan pengalaman yang dimiliki dalam bisnis mobil di Indonesia, Eurokars Grup akan memperkenalkan aktivitas penjualan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar ini dan mempercepat peningkatan pelayanan pelanggan kami. Saya yakin mereka akan lebih memperkuat merek Mazda di Indonesia,” ucap Keizo Okue, Presiden Direktur dari PT. MMI.

Sampai saat ini masih belum diketahui alasan yang jelas kenapa MMI menyatakan “tutup”. Secara data dari Gaikindo, penjualan wholesales Mazda selama Januari – Agustus 2016 sebenarnya tidak jelek amat walaupun memang menurun dibandingkan tahun lalu. Di tahun ini, penjualan Mazda mencapai 4.303 unit, turun 26,17 persen dibanding periode sama tabun lalu yang mencapai 5.828 unit. Entahlah…?

cx5-gallery-1-new

Sementara bagi konsumen memang tidak perlu khawatir. Tidak seperti Ford yang kabur, Mazda masih akan tetap ada di Indonesia, walaupun dipegang oleh perusahaan yang berbeda. Hanya saja, status Mazda di Indonesia “hanya” akan menjadi importir, bukan lagi ATPM!

 

Related Post

Advertisements

4 comments on “Mazda Motor Indonesia Tutup, Bisnis Mazda Di Indonesia Dipegang Eurokars

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s