New Honda Freed Resmi Diluncurkan, Berikut Spesifikasi, Fitur dan Harganya

New Honda Freed resmi diluncurkan hari ini, 16 September 2016 di Jepang. Mobil dengan pintu sliding/geser layaknya Toyota Sienta ini dilaunching dengan berbagai fitur yang lebih dikhususkan bagi kenyamanan keluarga. Seperti apa spesifikasi dan fiturnya, mari kita lihat.

New Honda Freed

New Honda Freed

New Honda Freed diluncurkan dalam 2 model, yaitu New Honda Freed dan Freed+. Tidak seperti Datsun Go dan Datsun Go+Panca, New Honda Freed+ justru hadir dengan seat capacity 5 penumpang, sementara New Freed hadir dengan kapasitas 6 atau 7 penumpang, tergantung type-nya. Baik New Freed maupun Freed+ juga hadir dalam varian hybrid dengan tambahan motor listrik.

Secara dimensi, mobil ini tidak berbeda jauh dibandingkan dengan Freed di Indonesia saat ini. Ukuran Honda Freed saat ini adalah 4.215mm x 1.700mm x 1.740mm, sementara New Honda Freed mempunyai dimensi 4.265 x 1.695 x 1.710 (2WD) dan 4.265 x 1.695 x 1.735 (4WD). Dan untuk Freed+ mempunyai dimensi yang lebih panjang, yaitu 4.295 x 1.695 x 1.710 (2WD) dan 4.265 x 1.695 x 1.735 (4WD). Jadi New Honda Freed lebih panjang dibandingkan dengan Honda Freed saat ini, dan juga lebih panjang dibandingkan Toyota Sienta yang “hanya” 4.235 mm.

Mesin L15B i-VTEC

Mesin L15B i-VTEC

Kemudian dari segi mesin juga ada peningkatan significant dimana Honda Freed masih menggunakan mesin “jadul” L15A 1,5 liter SOHC dengan tenaga maksimal 118 PS dan torsi 146 Nm. Sedangkan New Freed dan Freed+ menggunakan mesin L15B 1,5 liter DOHC dengan tenaga maksimal 130 PS dan torsi 155 Nm. Untuk varian hybrid masih ditambah dengan motor listrik yang memiliki tambahan tenaga sebesar 29,5 PS dan torsi 160 Nm. Mantab!

Berikut spesifikasi lengkap dari New Freed dan Freed+ : 

Spesifikasi New Honda Freed

Spesifikasi New Honda Freed (Klik untuk memperbesar)

Spesifikasi New Honda Freed+

Spesifikasi New Honda Freed+ (Klik untuk memperbesar)

Dari tabel di atas juga bisa kita lihat harganya yang jika kita konversikan ke rupiah berada diantara 241 juta rupiah dan 341 juta rupiah untuk New Freed, sementara Freed+ memiliki rentang harga antara 244 juta rupiah hingga 344 juta rupiah. Murah apa mahal sih?

Bagaimana dengan fitur-fiturnya?

Banyak fitur disematkan pada mobil ini, antara lain Honda Sensing, VSA (Vehicle Stability Assist), EBD (Electronic Brake force Distribution system), ABS (4-wheel Anti-lock Brake System,) TCS (Traction Control System), Emegency Stop Signal, HSA (Hill Start Assist), i-SRS Airbag, 3 point ELR seatbelt, ISOFIX, G-CON, dll.

pic_active_safety

Honda Sensing merupakan sebuah sistem yang terdiri dari dua jenis sensor dengan karakteristik yang berbeda. Sensor pertama adalah Millimeter-Wave Radar yang terdapat pada Front Grille mobil, sedangkan sensor yang kedua berupa Monucular Camera yang terpasang di bagian dalam pada kaca depan mobil. Fungsi fitur ini adalah untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya dengan mengaktifkan rem otomatis apabila sensor mendeteksi adanya benda di depan mobil pada kecepatan tertentu. Di bawah ini beberapa gambar yang mendeskripsikan beberapa fungsi Honda Sensing.

Sedangkan i-SRS Airbag merupakan teknologi Honda yang bisa menyesuaikan kecepatan dan tingkat mengembangnya airbag sesuai dengan kecepatan mobil saat kecelakaan terjadi. Hal ini akan sangat berguna bila kecelakaan terjadi pada kecepatan yang tidak terlalu tinggi, sehingga kecepatan dan tingkat mengembangnya airbag tidak terlalu tinggi dan bisa mengurangi resiko cedera akibat terhantam airbag.

i-SRS Airbag

i-SRS Airbag

Emergency Stop Signal akan aktif saat emegency braking atau mengerem mendadak. Saat sensor mendeteksi adanya pengereman mendadak, maka lampu belakang akan blinking/flashing atau berkedip sehingga membuat pengendara di belakangnya lebih sigap mengantisipasi.

New Honda Freed tersedia dalam 9 warna, yaitu Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Luna Silver Metallic, White Orchid Pearl, Mandarin Gold Metallic, Premium Deep Rosso Pearl, Cobalt Blue Pearl, Citron Drop, dan Blue Horizon Metallic.

Cluster meter dan panel AC juga bisa dikustomisasi dengan berbagai warna pilihan sesuai dengan warna kesukaan pemiliknya.

Mantab banget nih spesifikasi dan fiturnya. Semoga HPM segera memasarkan mobil ini di Indonesia, pengen beli soalnya, asal ada yang mau bayarin DP-nya 😀

 

Related Post

Advertisements

12 comments on “New Honda Freed Resmi Diluncurkan, Berikut Spesifikasi, Fitur dan Harganya

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s