Horeeee… Google Street View sudah hadir di Batam

Masih ingat bukan beberapa bulan yang lalu (Februari 2016) mobil Google mondar-mandir di jalanan kota Batam? Hah nggak tahu? Kalau belum tahu, monggo baca tulisan saya yang satu ini…

Mobil Google di Batam - Pict : Mirza Gunawan

Mobil Google di Batam – Pict : Mirza Gunawan

Yups, mobil Google yang sedang berkeliling tersebut memang sedang memetakan jalan-jalan yang ada di kota Batam, bahkan hingga masuk ke sebagian jalan di dalam perumahan! Benar sekali, Google Street View namanya. Memang sih, saya sendiri tidak tahu berapa lama rentang waktu antara pemetaan jalan oleh mobil Google dengan hadirnya fitur Google Street View di suatu kota.

Google maps Batam

Google map Batam, tanpa Street View sekitar 6 bulan lalu

Dan hari ini pertanyaan saya terjawab sudah. Butuh waktu sekitar 6 bulan untuk menghadirkan fitur Street View di Google Map setelah mobil Google mengambil gambarnya, terutama di Batam. Entah kalau untuk daerah lain :mrgreen:

Sekarang bagaimana cara menggunakan Google Street View sendiri? Gampang banget kok, yang jelas ada 2 cara, yaitu menggunakan desktop PC/Laptop dan juga menggunakan mobile phone atau HP.

1. Menggunakan Desktop PC/Laptop

Mengakses Street View dengan desktop menurut saya memang pengalaman yang paling mengasyikkan karena selain fiturnya lengkap, juga lebih enak dilihat karena layarnya yang lebih lebar dibandingkan dengan HP. Namun sayangnya kita tidak bisa “mobile” jika menggunakan desktop PC… masak mau nggendong CPU dan monitor? 😀

Cukup dengan masuk ke alamat google.com atau google.co.id dan pilih menu maps dari daftar menu di sebelah kanan atas, seperti gambar di bawah ini. Atau tinggal ketik saja Google Map di address bar 🙂

Akses Google Map

Akses Google Map

Setelah masuk ke Google Map, tinggal pilih jalan yang akan kita telusuri dan klik foto yang muncul di bagian bawah. Dan otomatis kita akan dibawa ke fitur Google Street View. Ingat ya, kalau ketika kita klik di suatu jalan dan tidak muncul foto di bagian bawah, berarti Street View belum masuk ke jalan tersebut. Sebagai contoh adalah jalan Jendral Ahmad Yani Batam atau lebih kita kenal dengan Kawasan Panbil berikut yang sudah ada Street View-nya.

Google Map

Google Map – Depan Panbil

Inilah Street View Batam

Inilah Street View Batam (Jalan Ahmad Yani – Panbil)

Bandingkan dengan jalan di Bukit Kemuning yang longsor beberapa waktu lalu. Terlihat tidak ada gambar/foto ketika klik di jalan Bukit Kemuning ini. Berarti Street View belum hadir di jalan ini…

Jalan Bukit Kemuning yang Longsor

Jalan Bukit Kemuning yang Longsor (tidak ada foto di bagian bawah)

2. Menggunakan mobile phone atau HP

Kalau menggunakan HP, tinggal install saja Google Street View. Kemudian tinggal buka aplikasi dan akan terlihat jalan mana yang sudah bisa diakses Street View-nya. Jalan berwarna biru berarti sudah ada fitur Street Viw, sementara jalan berwarna putih belum bisa dilihat Street View-nya.

Google Street

Aplikasi Google Street View Addroid

Langsung klik saja jalan yang mau kita lihat dan klik foto yang muncul di bagian bawah. Dan jika Aplikasi Street View ini sudah terinstall, kita juga bisa mengaksesnya lewat Google Map. Tinggal pilih jalan yang akan kita lihat dan fitur Street View akan muncul di bagian bawah. Mudah sekali bukan?

Akses Google Street lewat Google Map

Akses Google Street lewat Google Map

Selamat jalan-jalan di Batam? Kemana saja bisa kok dengan Street View… 🙂

 

Related Post

Advertisements

3 comments on “Horeeee… Google Street View sudah hadir di Batam

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s