Perkenalkan Wak-Jek, Ojek Online Pertama di Batam

Kesuksesan “angkutan umum” berbasis online seperti grab bike, uber dan tentu saja gojek memang membuat banyak mata terbuka. Pekerjaan yang dulunya dianggap pekerjaan biasa kalau tidak bisa dibilang kasar, kini menjadi pekerjaan yang banyak diminati. Yups, pada awal mulanya penghasilan dari driver uber ataupun gojek bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya, walaupun kemudian semakin menurun karena salah satunya akibat semakin banyaknya driver yang bergabung. Gimana dengan penghasilan owner-nya ya… pasti mmmm… nggak taulah saya 😀

Keberhasilan layanan transportasi berbasis online tersebut juga “menyebar” hingga ke Batam. Memang di Batam belum ada satupun transportasi massal berbasis online hingga kemarin. Namun, hari ini Batam berubah! Sebuah transportasi berbasis online lokal secara resmi diluncurkan di Batam dengan nama Wak-Jek. Sebenarnya Wak-Jek sudah mulai merekrut driver sejak pertengahan Juni kemarin, namun baru secara resmi “dilaunching” hari ini, 18 Juli 2016.

WakJek Batam

WakJek Batam

Wak sendiri kalau di Batam bisa diartikan sebagai “pakdhe” atau “budhe” dalam bahasa Melayu atau “bro”, “sis”, “genk”, “coy”, “gan” atau sebutan untuk teman akrab lainnya dalam bahasa gaul di Batam CMIIW. Nah aplikasi Wak-Jek ini sekarang sudah bisa didownload di play store, sedangkan di iOS setahu saya belum ada. Ya, biasanya aplikasi start up lokal memang menyasar pengguna android dulu karena di Indonesia lebih banyak penggunanya dibandingkan pengguna iOS. Monggo kalau mau download aplikasi Wak-Jek, downloadnya di sini.Kecil kok ukurannya, cuma 1,2 MB… didukung yuk biar Batam makin maju dan terkenal 🙂

Cara Menggunakan Wak-Jek

1. Untuk menggunakan Wak-Jek, otomatis kita harus download dulu aplikasinya. Download pada link di atas, seperti ini.

APlikasi Wak Jek di Play Store

Aplikasi Wak Jek di Play Store

2. Setelah download dan install, kita harus registrasi atau mendaftar dulu menggunakan akun google atau email GMail. Masukkan Nama, alamat email, password dan nomor HP. Oh ya, sebelum buka aplikasi Wak-Jek, aktifkan dulu fitur GPS di HP kita (set Location ON). Tanpa GPS aktif, aplikasi ini tidak akan bisa bekerja.

Cara Daftar Wak-Jek

Cara Daftar Wak-Jek

3. Email verifikasi akan dikirimkan ke GMail kita. Klik link yang disertakan dalam email tersebut.

Aktivasi akun WakJek Batam

Aktivasi akun WakJek Batam

4. Setelah kita klik link-nya, maka otomatis kita sudah terdaftar secara resmi dan bisa menggunakan aplikasi Wak-Jek ini. Selamat… 🙂

Akun Wak-Jek sudah aktif

Akun Wak-Jek sudah aktif

5. Masuk ke aplikasi Wak-Jek, kita akan disuguhi 4 pilihan menu utama, yaitu Naik Ojek, Antar Barang, Makanan dan Belanja. Namun, baru menu Naik Ojek dan Antar Barang saja yang bisa digunakan. Semoga ke depan, menu Pesan Makanan dan Belanja segera bisa digunakan.

Menu Utama WakJek Batam

Menu Utama WakJek Batam

6. Untuk pesan Ojek, tinggal pilih menu Naik Ojek. Masukkan alamat/lokasi penjemputan dan masukkan juga alamat tujuan. Disitu langsung ada informasi jarak dan tarifnya.

Cara Menggunakan Wak Jek

Cara Menggunakan Wak Jek

Sedikit yang kurang saat mencari alamat adalah :

  • Peta yang tersedia kurang lengkap, sepertinya masih menumpang pada Google Map yang di Batam masih sangat tidak update.
  • Harus menambahkan alamat detail yang cukup merepotkan.
  • Bisa dimasukkan alamat luar Batam yang tentu saja tidak bisa dilayani oleh Wak Jek. Semoga saja segera di update agar hanya alamat di Batam saja yang bisa muncul. Takutnya ntar ada yang usil minta dijemput di Karimun :mrgreen:

Gimana, mau mencoba? Lumayan lho karena ada tarif promo sebesar 10.000 rupiah, khusus hari ini dan besok (18 – 19 Juli 2016).

Promo Wak Jek - Jauh Dekat cuma 10.000

Promo Wak Jek – Jauh Dekat cuma 10.000

Berikut saya tambahkan beberapa foto “lauunching” Wak-Jek Batam hari ini. Semoga Wak-Jek bisa berkembang sejalan dengan ojek konvensional, tidak terjadi friksi-friksi yang justru merugikan semua pihak. Pakai Ojek, Siapa Takut!

 

Related Post

Advertisements

6 comments on “Perkenalkan Wak-Jek, Ojek Online Pertama di Batam

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s